Saturday, October 25, 2014

Rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab statistika

Rpp kelas 8 bab statistika kurikulum 2013 adalah judul dari postingan kali ini. Sebelum sharematika berbagi rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab statistika, alangkah baiknya sharematika  mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika blog yang membahas semua tentang matematika. Pada kesempatan kali ini sharematika akan berbagi rpp kurikulum 2013 kelas 8 bab statistika. Kenapa sharematika berbagi rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab statistika? tidak lain karena ingin berbagi referensi saja, barangkali rpp kelas 8 kurikulum 2013 ini bermanfaat untuk sahabat sharematika semua. mungkin cukup sekian basa basi mengenai rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab statistika.

Download rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab statistika, klik disini
dan dibawah ini adalah preview rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab statistika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                              SatuanPendidikan                           :
                                              Kelas/ Semester                               : VIII/ 1 ( satu )
                                              Mata Pelajaran                                 : MATEMATIKA
                                              MateriPokok                                   : STATISTIKA
                                              AlokasiWaktu                                 : 3 PERTEMUAN ( 7JP )

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,damai),santun,responsive,dan proaktif dan menunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan,teknologi,seni,budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan,danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkre tdan ranah abstrak terkait dengan
        Pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
               Metoda sesua ikaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
Kompetensi  Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya



2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar


2.3 Memiliki sikap terbuka , santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktifitas sehari hari.


3.14 Memahami teknik penyajian data dua variabel ,menggunakann tabel ,grafik batang,diagram lingkara,dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel

4.7.   Mengumpulkan ,mengolah,menginterpretasi dan menampilkan data hasil pengamatan dalamm bentuk tabel,diagram ,dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari hari melalui belajar statistika

Menunjukan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswalain atau guru
Menunjukan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil tugas

Menunjukan sikap terbuka yaitu menenrima pendapat teman baik yangsatu kelompok maupun beda kelompok
Menunjukan sikap menghargai pendapat atau karya kelompok lain

Mengidentifikasi suatu data
Menyusun data dalam bentuk tabel
Menyusun data dalam bentuk diagram/grafik


-          Mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi
-          Menyusun data dari hasil observasi
-          Mengolah data dari hasil observasi
-          Menyajikan data dalam bentuk diagram /grafik




C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui proses saintifik, siswa dapat ꞉
1.      Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari hari melalui belajar statistika
2.      Menunjukan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswalain atau guru
3.      Menunjukan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil tugas
4.      Menunjukan sikap terbuka yaitu menerima pendapat teman baik yang satu kelompok maupun beda kelompok
5.      Mengumpulkan,menyusun,mengolah dan menyajikan data dalam bentuk diagram/grafik

D.    Materi Pembelajaran
Coba anak amati kendaran yang melewati jalan raya ,banyak sekali berbagai macam jenis dan merk kendaraan yang melewati jalan raya tersebut ,kalau terjadi kemacetan yang disebabkan kecelakaan pasti banyak sekali kendaraan yang menumpuk  dijalan raya, sekarang untuk mengurangi kemacetan kalian semua diharapkan bisa mendata berbagai macam kendaraan yang melewati jalan raya.
E.     Model / Metode / Pendekatan
Model              ꞉ Project  Based Learning
Metode            ꞉ tanya jawab, diskusi
Pendekatan     ꞉ Saintifik
F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Tahap Pembelajaran
Proses  Saintifik
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Guru
Siswa

Penentuan Per-tanyaan mendasar

Mengamati  / menanya
1.      Memberi salam,dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
2.      Mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
3.      Menginformasikan model yang akan ditempuh
4.      Menggali kemampuan prasyarat siswa dengan Tanya jawab
( bahan informasi manfaat diagram /grafik dalam kehidupan sehari hari )


menjawab




mendengarkan




memperhatiakn



menjawab

10 menit
MendesainPerencanaanProyek
Menanya, menggaliiinformasi

Siswa membuat rencana tentangː
1.      Pengumpulkan informasi , alat
2.      Pengamatan yang akan dilakukan
3.      Pembagian tugas terkait alat, sarana dan objek yang akan diamati
4.      Waktu dan tempat pengamatan
5.      Konsultasi  guru terkait data yang didapat
6.      Pembuatan laporan untuk presentasi
7.    Konsultasi guru terkait lapora untuk presentasi
8.    Pembuatan laporan untuk pajangan di papanpajang

10 menit



Pertemuan 2
Tahap Pembelajaran
Proses  Saintifik
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Guru
Siswa

Memonitor siswadankemajuan proyek
Menggali informasi , mengasosiasi / menalar
-  Memonitor
-Siswa  menyusun hasil pengamatan dalam bentuk diagram/grafik 
 
20 menit
Pertemuan 3
Menguji hasil

Mengko
Munikasi
kan
-Guru mengambil penilaian sikap,
Pengetahuan,dan
Ketrampilan
-          Siswa mempresentasikan proyek
-          Siswa mengerjakan aspek pengetahuan

Mengevaluasi Pengalaman
Mengko
Munikasi
kan
-Guru menyampaikan KD/materi yang akan dipelajari pertemuan berikutnya


G.    Media Pembelajaran
-          Lembar Kerja proyek
-          LCD
H.    Sumber Belajar
-          Buku Siswa dan buku guru
-          Lingkungan





I.       Penilaian ( terlampir )



                                         
















 


Mungkin cukup sekian pembahasan rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab statistika, semoga rpp kelas 8 kurikulum 2013 ini bermanfaat untuk sahabat sharematika semua.