Thursday, April 23, 2015

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK).


Menurut Suharsimi A. (2004) ada tiga kata yang membentuk pengertian PTK, yaitu penelitian, tindakan, dan kelas. Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu obyek dengan menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal, serta menarik minat dan penting bagi peneliti. Tindakan adalah kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Sedangkan kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru. Dalam hal ini kelas bukan wujud ruangan tetapi diartikan sebagai sekelompok siswa yang sedang belajar.


Kasihani (1999) menyatakan bahwa yang dimaksud dengan PTK adalah penelitian praktis, bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan. Upaya tindakan untuk perbaikan dimaksudkan sebagai pencarian jawab atas permasalahan yang dialami guru dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Jadi masalah-masalah yang diungkap dan dicarikan jalan keluar dalam penelitian adalah masalah yang benar-benar ada dan dialami oleh guru.
Sedangkan menurut Suyanto (1997) secara singkat PTK dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu, untuk memperbaiki dan atau meningkatkan praktekpraktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Oleh karena itu PTK terkait erat dengan persoalan praktek pembelajaran sehari-hari yang dialami guru.
Dalam PTK guru dapat meneliti secara mandiri atau bersama dengan tenaga kependidikan yang lain (secara kolaboratif) terhadap proses dan produk pembelajaran secara reflektif di kelas. Dengan PTK, guru dapat memperbaiki praktek-praktek pembelajaran agar lebih efektif. PTK juga dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek. Alasannya, setelah PTK guru akan memperoleh umpan balik yang sistematik mengenai pembelajaran yang selama ini dilakukan apakah cocok dengan teori belajar mengajar dan dapat diterapkan dengan baik di kelasnya. Melalui PTK guru dapat mengadaptasi teori yang ada untuk kepentingan proses dan produk pembelajaran agar lebih efektif dan optimal.
 
Artikel diatas diambil dari artikel yang diterbitkan oleh PPPPTK Matematika, artikel lengkapnya berjudul penelitian tindakan kelas di SD. 
Artikel tersebut bisa didownload di sini : download artikel penelitian tindakan kelas di SD 

PTK saat ini sedang naik daun, dimana-mana guru di tuntut untuk melakukan penelitian tindakan kelas sebagai syarat kenaikan pangkat. 
Semoga artikel tentang Penelitian TIndakan Kelas ini bermanfaat untuk sahabat guru dan mahasiswa.
 
Daftar Pustaka
Miles, L.B. and Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh
Tjejep Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moesono, D. dan Sujono. 1994. Matematika 4: Mari Berhitung. Jakarta: Balai
Pustaka.
Orton, A. 1991. Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice.
(second ed). University of Leed Center for Studies Sience and Matematics
Education.
Purwanto, M. N. 1984. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karja
Rofi’udin, A. H. 1996. Rancangan Penelitian Tindakan. Makalah Disampaikan pada
Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif Angkatan V tahun
1996/1997. Malang: lembaga Penelitian IKIP Malang.
Ruseffendi, E.T. 1980. Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid Guru
dan SPG. Bandung: Tarsito.
Saukah, A. dkk. 1996. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: IKIP Malang
Simanjuntak, L. Dkk.1992. Metode Mengajar Matematika I. Jakarta: Rineka Cipta.
Skemp, R.R. 1977. The Psycology of Learning Mathematics. New York: Penguin
Books Ltd.
Slavin, R.E. 1997. Educational Psycology. Boston: A Viacom Company.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit
Kanisius.
Sutawijaja,A. 1988. Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Malang: IKIP
Malang.
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pengenalan
Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Dirjen Dikti.
Troutman, PA.and Listening B.K. 1981. Mathematics a Good Beginning. California:
Cole Publishing Company.
Usman, M.U dan Setiawati, L. 1993. Upaya Optimalisasi Belajar Mengajar. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.