Friday, October 10, 2014

RPP matematika kelas 7 materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat kurikulum 2013

RPP matematika kelas 7 materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat kurikulum 2013 adalah judul dari postingan kali ini. sebelum sharematika berbagi RPP matematika kurikulum 2013 kelas 7 materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, semoga sahabat sharematika dalam keadaan sehat dan di rahmati allah. mungkin cukup sekian basa basinya langsung saja ke RPP kurikulum 2013 materi menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                    :  SMP 1 Kalibagor
Mata Pelajaran                                 :  Matematika
Kelas/Semester                                 :  VII/Satu
Materi Pokok                       :  Bilangan (Menjumlahkan & Mengurangkan Bil. Bulat)
Alokasi Waktu                                 : 120 menit    
Jumlah Pertemuan seluruhnya          :  3 pertemuan
Alokasi Waktu  pertemuan ke-2      : 3 jam @ 40 menit atau 120 menit

A.    Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:

Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1 Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai dan
menghayati  ajaran agama yang dianutnya
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.2 Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2 Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauapergaulan dan keberadaannya
2.1Menunjukkan sikap logis,kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudahmenyerah dalam memecahkan masalah;
2.1.1 Menunjukkan sikap logis dalammenyelesaikan tugas dari guru
2.1.2 Menunjukkan sikap teliti  dalamemecahkan masalah
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

2.3.1 Menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain.
2.3.2 Memiliki sikap terbuka
3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan proseduralberdasarkanrasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologiseni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata teknologi,seni, budaya terkaitfenomena dan kejadian tampak mata
3.1  Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi


3.1.1.Memberi contoh penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.

3.1.2.Menentukan penjumlahan bilangan bulat.

3.1.3. Menentukan pengurangan bilangan     bulat.

4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikanmasalah

4.1.1 Trampil menggunakan garis bilangan dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang besar.

B  Tujuan Pembelajaran
Melalui prosemengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan  hasil  mengolah  informasi  dalam  penugasan  individu  dan  kelompok siswa dapat:

KI 1 dan KI 2
1.1.1        Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.2    Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.3.1    Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.3.2    Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan bilangan bulat yang ada.
2.3.3    Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bilangan bulat.
2.3.4    Berani presentasi di depan kelas.

KI 3 dan KI 4
3.1.1   Dapat memberikan contoh penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang lain dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.2   Dapat menentukan penjumlahan bilangan bulat
3.1.3   Dapat menentukan pengurangan bilangan bulat

 C.   Materi Pembelajaran
Ø  Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
Pada penjumlahan bilangan bulat berlaku sifat
1.      Komutatif (pertukaran)
Untuk sebarang bilangan bulat a, dan b berlaku a+b = b+a
2.      Assosoatif (pengelompokan)
Untuk sebarang bilangan bulat a,b dan c berlaku (a+b)+c = a+(b+c)
Misal a dan b bilangan bulat positif, berlaku (-a) + (-b) = -a –b


D. Pendekatan/Metode/Model  Pembelajaran
Pendekatan saintifik, tanya-jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, dan presentasi 

E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana
Waktu
Penda-
huluan
1     Guru   memberi    salam   dan   mengajak    siswa   berdoa,   dilanjutkan  menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
2.   Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita   tentang manfaat belajar menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
3.    Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
4.   Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
5.   Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
5 menit
Inti
Membahas pekerjaan rumah
25 menit
1. Mengamati: Secara  klasika siswa  mengamati  dan  mencermati  contoh permasalahan sehari-hari yanberhubungan dengan menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat hal 10 buku guru. Masalah 1.3 dan masalah 1.4
15 menit
2. Menanya Siswa didorong untuk mengajukan  pertanyaan terkait   hal-hal yang diamati atau dicermati. mengembangkan sikap logis dan teliti.
10 menit
3. Mengumpulkan informasi: Secara berkelompok, siswa mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang terkait dengan  sifat penjumlahan pada bilangan bulat pada halaman 15 buku guru.
20 menit
4. Mengolah informasi: Melalui diskusi dalam kelompok, siswa
menganalisis, menalar, menyimpulkan, informasi yang telahdiperoleh/dikumpulkan melaluLKS dalam rangka memahammateri yang dipelajari
20 menit
5. Mengkomunikasikan: melalui diskusi siswa mengerjakan tugas, setelah siswa selesai mengerjakan tugas ada salah satu perwakilan perkelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.
15 menit
Penutup
Menyimpulkan materi yang telah dipelajari pertemuan ini
Mengingatkan (memberitahu) siswa materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Mengucapkan salam
10 menit

F. Penilaian
1 Teknik Penilaian:

No
Aspeyang diamati/dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap menghargai pendapat  teman
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti dan Penutup
2
Sikap logis dan teliti
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti dan Penutup
3
Pengetahuan: Kemampuan
Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Penugasan (mengerjakan
latihan)
Kegiatan Inti
Tetertulis
Akhir pertemuan
3
Ketrampilan : Trampil menggunakan garis bilangan dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang besar.
Tes tertulis
(LKS 1)
Kegiatan inti

Bentudan Instrumen penilaian, serta Pedoman Penskoran:
BahaTes:
Petunjuk:
1 Kerjakan soal berikut secara individu dan tidak boleh bekerjasama dengan teman
Soal:
Lihat di buku siswa kelas VII hal 17


Kunci Jawaban
Lihat halaman 17 buku guru kelas VII
1.  –12,347
2.  Setiap dua bilangan jumlahnya adalah -100. Kalau diamati ada 10 pasang yang berjumlah  -100. Dengan  kata lain bentuk tersebut dapat disedehanakan menjadi -100 + -100 + -100 + -100 + -100 + -100 + -100 + -100 + -100 + -100 = -1000
3.  Dengan memperhatikan polanya maka setiap dua jam, katak tersebut naik 1 meter dari. Ketika jam ke 40, katak sudah berhasil mencapai ketinggian 20 meter dari dasar sumur. Karena pada jam ganjil katak naik 3 meter, maka pada jam ke 40, katak sudah berada di bibir sumur.
4.  Tidak berlaku.
Contoh penyangkal sifat komutatif
5 − 3 = 2 ≠ − 2 = 3 − 5
Contoh penyangkal sifat asosiatif
(3 − 2) − 1 = 1 − 1 = 0 ≠ 2 = 3 − 1 = 3 − (2 − 1)
dari dua contoh penyangkal tersebut disimpukan bahawa sifat komutatif dan asosiatif tidak berlaku pada operasi pengurangan.
5.  Iya., karena bilangan bulat positif terkecil adalah 1, sehingga jumlah dua bilangan bulat positif terkecil adalah 1 + 1 = 2. Dengan kata lain tidak mungkin negatif.
6. Tidak selalu.
Contoh 3 − 4 = − 1
a – b bernilai positif jika a > b
a − b bernilai positif jika a > b
7. apabila bilangan negatif b bernilai lebih kecil.

No
Aspek Penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
1.
Kebenaran jawaban akhir soal
Jawaban benar
4
Jawaban hampir benar
3
Jawaban salah
2
Tidak ada respon/jawaban
0
2.
Proses perhitungan
Seluruhnya benar
4
Sebagian besar benar
 3
Sebagian kecil saja yang benar
2
Sama sekali salah
1
Tidak ada respon/jawaban
0
Skor maksimal
8
Skor minimal
0
Pedoman penskoran jawaban soal:

PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik ( SB )
80  SB 100
Baik ( B )
70  SB 79,9
Cukup ( C )
60  SB 69,9
Kurang ( K )
K < 60
Nilai = Skor yang dicapai x100
                                 8







Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                             : VII
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Topik                            : Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Waktu Pengamatan     : 120 menit

Petunjuk                       :
1. Fokus sikap siswyang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ke-2 adalah sikap logis dan teliti dan menghargai pendapat teman dalam kelompok.
2 Kriteriperkembangan sikap logis dan teliti
Sanga baik jika   menunjukkan  adanya    usah untu mencob atau bertanya ala proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Bai jika  menunjukkan  sudah  ada     usah untuk  mencob atau  bertany dala prosepembelajaran, cenderung ajeg/konsisten tetapi masih belum terus menerus
Cukup    jika  menunjukka sudah  ada    usah untuk  mencob atau  bertany dala proses pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika  sama sekali tidak berusaha untuk mencoba dalam menjawab soal
3 Kriteria perkembangan sikap menghargai pendapat teman (dalam kelompok)
Sangat baik jika  menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompo secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Bai jika  menunjukkan  sudah  ada     usah untuk meminta pendapat teman  dala melaksanakan  tugas-tugas kelompok, cenderung ajeg/konsisten tetapbelum terumenerus
Cukup    jika  menunjukkan  sudah  ada    usah ambil  bagian  dala melaksanakan  tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan samsekali tidak melibatkan teman dalam melaksanakan tugas kelompok
4 Tuliskan tanda V (centang) pada kolom-kolom sesuai hasipengamatan.
NO
Nama
Sikap logis /teliti
Menghargai pendapat teman
SBB
B
C
K
SB
B
C
K
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15
16










16









17









18









19









20









21









22









23










24









25









26









27









28









29









30









31









32









SB = sangat baik    B = baik   C = Cukup   K = kurang baik

Lembar Penilaian Diri

Mata Pelajaran        :  Matematika
Nama                        :    
Kelas                        :  VII
Topik                        :  Bilangan (Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat)            
Tanggal Mengisi      :   

No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1.
Saya bersyukur  atas kesempatan yang diberikan Tuhan,sehingga saya dapat mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari


2.
Saya bersyukur  atas kesempatan berlatih untuk bertanggungjawab
menyelesaikan tugas.


3.
Saytelah memahami tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.


4.
Sayoptimis dapat memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-halyang belum saya pahamsepenuhnya dalam belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.


5.
Saya akan belajar keras untuk mempelajari  lebih lanjut terkait
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan saya yakin akan bisa memahaminya


6.
Saytelah berperan aktif dalam kegiatan belajar matematika pada hari ini


7.
Saya akan berperan lebih banyak selama belajar matematika dalam kelompok
pada hari-hari yang akan datang dan sayyakin hal itu bisa saya lakukan



GSumber Belajar
Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Siswa Matematika Kelas VII (Edisi Revisi).
Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Matematika Kelas VII (Edisi Revisi).
LEMBAR KERJA SISIWA 1


Kalibagor18 agustus 2014

Guru Pamong                                                      Mahasiswa PPL



Nur Azizah.S.Pd                                                              Heti Mahfuani
NIP 197503152008012006                                             NIM 1101060137



pribadi yang sederhana, supel,