Thursday, October 9, 2014

RPP MATEMATIKA KELAS 7 kurikulum 2013

Tags

RPP matematika kelas 7 materi membandingkan bilangan bulat kurikulum 2013 adalah judul dari postingan kali ini. sebelum sharematika berbagi RPP matematika kurikulum 2013 kelas 7 materi membandingkan bilangan bulat alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, semoga sahabat sharematika dalam keadaan sehat dan di rahmati allah. mungkin cukup sekian basa basinya langsung saja ke RPP kurikulum 2013 materi membandingkan bilangan bulat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   :  SMP N 1 Kalibagor
Mata Pelajaran                                 :  Matematika
Kelas/Semester                                :  VII/Satu
Materi Pokok                      :  Bilangan
Alokasi Waktu                                 : 3 jam @ 40 menit (120 menit)

A.      Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.  Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai dan
menghayati  ajaran agama yang dianutnya
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.2 Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
2.  Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1Menunjukkan sikap logis,kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
2.1.1 Menunjukkan sikap logis dalam menyelesaikan tugas dari guru
2.1.2 Menunjukkan sikap teliti (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

2.3.1 Menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain.

3.  Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1  Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi


3.1.1.mampu membandingkan bilangan bulat positif
3.1.2 mampu membandingkan bilangan bulat negatif


4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah





B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan  hasil  mengolah  informasi  dalam  penugasan  individu  dan  kelompok,  siswa dapat:
            1.             Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
                2.              Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika.
3.             Menunjukan sikap logis dan teliti
4.             Dapat membandingkan bilangan bulat negatif maupun positif.

5.         Materi Pembelajaran
Membandingkan bilangan bulat




6.        Metode dan Model  Pembelajaran
 Ø  Pendekatan Pembelajaran       : Pendekatan scientific
 Ø  Model Pembelajaran               : Problem Based Learning
 Ø  Metode                                   : Ceramah, tanya jawab, diskusi

7.        Media, Alat dan Sumber Belajar
 Ø  Media                                     : -
 Ø  Alat                                         : Spidol, White board
 Ø  Sumber belajar                        : Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Siswa Matematika Kelas VII (Edisi Revisi).  
      Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Matematika Kelas VII (Edisi Revisi).  

8.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana
Waktu
Penda-
Huluan
1     Guru   memberi    sala dan   mengajak    siswa   berdoa,   dilanjutkan  menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
2 Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita   tentang manfaat belajar menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
3.    Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
4 Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
5 Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
5 menit

1. Mengamati: Secara  klasikal  siswa  mengamati  dan  mencermati  contoh permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan membandingkan bilangan bulat (masalah 1.1 dan masalah 1.2)
15 menit
2. Menanya:  Siswa didorong untuk mengajukan  pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. mengembangkan sikap logis dan teliti.
10 menit
3. Mengumpulkan informasi: Secara berkelompok, siswa mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang terkait dengan  membandingkan bilangan bulat
15 menit
4. Mengolah informasi: Melalui diskusi dalam kelompok, siswa
menganalisis, menalar, menyimpulkan, informasi yang telah diperoleh/dikumpulkan melalui LKS dalam rangka memahami materi yang dipelajari
10 menit
5. Mengkomunikasikan: melalui diskusi siswa mengerjakan tugas, setelah siswa selesai mengerjakan tugas ada salah satu perwakilan perkelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.
15 menit
Penutup
Menyimpulkan materi yang telah dipelajari pertemuan ini
Mengingatkan (memberitahu) siswa materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
Mengucapkan salam
5 menit

9.        Penilaian
1.  Teknik Penilaian:

No
Aspek yang diamati/dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap bersyukur
Penilaian diri
Penutup
2
Sikap menghargai pendapat  teman
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti dan Penutup
3
Sikap logis dan teliti
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti dan Penutup
4
Pengetahuan: Kemampuan
Mmembandingkan bilangan bulat
Penugasan (mengerjakan
latihan)
Kegiatan Inti
Tes tertulis
Akhir pertemuan


TUGAS INDIVIDU


Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                             : VII
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Topik                            : membandingkan bilangan bulat
Waktu Pengamatan     : 120 menit

Petunjuk                       :
1. Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ke-3 adalah sikap logis dan teliti dan menghargai pendapat teman dalam kelompok.
2.  Kriteria perkembangan sikap logis dan teliti
Sangat  baik jika   menunjukkan  adanya    usaha  untuk  mencoba  atau bertanya alam  proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik  jika  menunjukkan  sudah  ada     usaha  untuk  mencoba  atau  bertanya  dalam  proses pembelajaran, cenderung ajeg/konsisten tetapi masih belum terus menerus
Cukup    jika  menunjukkan  sudah  ada    usaha  untuk  mencoba  atau  bertanya  dalam  proses pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika  sama sekali tidak berusaha untuk mencoba dalam menjawab soal
3.  Kriteria perkembangan sikap menghargai pendapat teman (dalam kelompok)
Sangat baik jika  menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Baik  jika  menunjukkan  sudah  ada     usaha  untuk meminta pendapat teman  dalam  melaksanakan  tugas-tugas kelompok, cenderung ajeg/konsisten tetapi belum terus menerus
Cukup    jika  menunjukkan  sudah  ada    usaha  ambil  bagian  dalam  melaksanakan  tugas-tugas kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
Kurang jika menunjukkan sama sekali tidak melibatkan teman dalam melaksanakan tugas kelompok


4.  Tuliskan tanda V (centang) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

NO
Nama
Sikap logis /teliti
Menghargai pendapat teman
SB
B
C
K
SB
B
C
K
1









2










3
4











4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15









16









17










18









19









20









21









22222317









23









24









25









26









27









28









29









30









31









3292









SB = sangat baik    B = baik   C = Cuku K = kurang baik
  





Lembar Penilaian Diri

Mata Pelajaran        Matematika
Nama                        :    
Kelas                        :  VII
Topik                        :  Bilangan (membandingkan bilangan bulat)            
Tanggal Mengisi      :   

No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1.
Saya bersyukur  atas kesempatan yang diberikan Tuhan,sehingga saya dapat mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari


2.
Saya bersyukur  atas kesempatan berlatih untuk bertanggungjawab
menyelesaikan tugas.


3.
Saya telah memahami tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.


4.
Saya optimis dapat memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-hal yang belum saya pahami sepenuhnya dalam belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.


5.
Saya akan belajar keras untuk mempelajari  lebih lanjut terkait
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan saya yakin akan bisa memahaminya


6.
Saya telah berperan aktif dalam kegiatan belajar matematika pada hari ini


7.
Saya akan berperan lebih banyak selama belajar matematika dalam kelompok
pada hari-hari yang akan datang dan saya yakin hal itu bisa saya lakukan




Kalibagor,        Agustus 2014

Guru Pamong                                                      Mahasiswa PPL


Nur Azizah.S.Pd                                                              Heti Mahfuani

NIP 197503152008012006                                                    NIM 1101060137

pribadi yang sederhana, supel,