Friday, April 24, 2015

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Contok PTK SMP adalah judul dari artikel kali ini. Kumpulan ptk smp kali ini berjudul : PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

judul penelitian diatas merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen, tetapi dapat dijadikan suatu pandangan untuk membuat suatu penelitian tindakan kelas, atau bisa juga dijadikan penelitian tindakan kelas jika kemampuan penalaran siswa anda kurang bagus, maka dapat digunakan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika. dan dibawah ini abstrak penelitian kuasi eksperimen ini. semoga bermanfaat.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Pekanbaru semester ganjil pada tahun ajaran 2011/2012, dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sesuai dengan desainnya, maka peneliti memilih kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran matematika realistik dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Setiap kelas terdiri dari 41 siswa yang terbagi ke dalam kategori kemampuan matematika siswa kelompok tinggi, sedang, dan rendah di kelasnya. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional ditinjau dari kelompok siswa (tinggi, sedang, dan rendah). 

Kata Kunci: pembelajaran matematika realistik, kemampuan penalaran matematis.
Artikel lengkap contoh ptk matematika smp diatas dapat diunduh disini: download contoh ptk matematika smp

Semoga kumpulan ptk matematika smp diatas bermanfaat untuk sahabat guru semuanya.