Volume Benda Putar Metode Kulit Tabung

Ada tiga cara untuk menghitung volume benda putar yaitu dengan metode cakram, metode cincin dan metode kulit tabung. Pada tutorial maple sebelumnya telah dibahas mengenai keduanya (metode cakram dan cincin). pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang menghitung volume benda putar dengan metode kulit tabung.
sebuah kulit tabung adalah sebuah benda yang dibatasi oleh dua tabung lingkaran tegak yang sumbu simetrinya berhimpit. apabila jari-jari tabung dalam adalah r1 dan jari-jari luar adalah r2, sedangkan tinggi tabung adalah h1, maka volume kulit tabung adalah:


sehingga,

Cara termudah untuk mengingat rumus tersebut adalah sebagai berikut:
Apabila kurva tabung sangat tipis dan terbuat dari kertas, kita dapat memotongnya sepanjang garis yang sejajar sumbu simetri dan kemudian membukanya. maka kita akan memperoleh selembar persegi panjang, yang memiliki ketebalan. Volume dari benda ini yang berbentuk seperti seng, dapat kita hitung.
Bagaimanakah visualisasi pada metode ini dan Bagaimanakah contoh soalnya?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan kita bahas pada tutorial maple selanjutnya. :-D

0 comments:

Post a Comment

Jika ada yang ditanyakan mengenai materi matematika SD,SMP maupun SMA bisa ditanyakan disini dengan cara mengetikan pertanyaan anda dibawah ini, dan Silahkan berkomentar apapun dengan kalimat yang sopan dan bahasa yang baku. :)