Garis dan sudut (Matematika SMP)

Haloo teman sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika tempat berbagi semua hal tentang matematika, dan kali ini sharematika akan membahas materi matematika di SMP yaitu tentang Garis. Sebelum kita mulai belajar alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu supaya ilmu yang kita  pelajari mendapatkan ridho dari Allah SWT. Mari kita belajar!!!

Pengertian Garis.
Garis adalah kurva lurus yang tidak berujung atau berpangkal. GAris merupakan bangun yang paling sederhana dalam geometri, karema garis adalah bangun berdimensi satu.
Garis diatas menunjukkan garis AB. Panjang garis AB tak terbatas. Sinar garis adalah kurva lurus yang berpangkal tapi tak berujung. Ruas garis adalah kurva lurus yang mempunyai pangkal dan ujung.

Dua Garis sejajar, berpotongan , berimpit.
Dua garis sejajar
Garis m dan n di atas jika diperpanjang sampai tak berhingga maka kedua garis tidak akan pernah berpotongan. Keadaan ini disebut sejajar dan dinotasikan dengan "//". Dua garis atau lebih dikatakan sejajar apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu  atau berpotongan jika garis itu diperpanjang sampai tak berhingga.

Dua garis berpotongan.
Dua garis berpotongan mempunyai satu titik potong. Garis m dan n mempunyai titik potong di o.

Dua garis saling berhimpit.
GAmbar diatas menunjukan garis AB dan CD saling menutupi. Dalam hal ini dikatakan kedudukan terletak pada satu garis lurus, sehingga hanya terlihat sebagai satu garis lurus saja.

Sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain.
Garis a // b dipotong oleh garis c dititik A dan B maka terjadi sudut-sudut berikut:
  • Sudut - sudut sepihak
  • Sudut - sudut dalam bersebrangan
  • Sudut - seudut luat bersebrangan.
  • Sudut - Sudut dalam sepihak.
  • Sudut - sudut luar sepihak.

Sudut.
Sudut diartika sebagai bentuk atau bangun yang terjadi dari dua sinar yang bersekutu pangkalnya.

Mengenal satuan sudut
Beberapa satuan sudut yang akan kita pelajari adalah derajat, menit dan detik.
Perhatingan dibawah ini.








Sekian materi tentang garis dan sudut diatas, semoga bermanfaat buat teman-teman semua. Sukses selalu buat kita semua, amin. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai materi materi di SD,SMP maupun SMA bisa ditanyakan disini. selamat belajar!
Comments
3 Comments

3 comments:

  1. Azzahra Farah AndraeniFebruary 22, 2013 at 5:38 AM

    Bleh tdk membantu,untuk memberikan saya rumus-rumus yang digunakan untuk menentukan besar sudut pada segitiga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @azzahra farah andeaeni => iya insyaallah saya akan membantu sebisa saya tentang rumus rumus untuk menentukan besar sudut pada segitiga. saya akan postingkan secepatnya.
      atau adik bisa cantumkan alamat email anda untuk saya kirimkan rumus - rumus ke email adik.
      jika ada yang ditanyakan lagi tanyakan saja. :) terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  2. Saya sudah memposting rumus untuk menentukan sudut segitiga lengkap dengan materinya, adik bisa download filenya untuk belajar. silahkan menuju ke URL dibawah ini.

    http://sharematika.blogspot.com/2013/02/menentukan-besar-sudut-dengan.html

    ReplyDelete

Jika ada yang ditanyakan mengenai materi matematika SD,SMP maupun SMA bisa ditanyakan disini dengan cara mengetikan pertanyaan anda dibawah ini, dan Silahkan berkomentar apapun dengan kalimat yang sopan dan bahasa yang baku. :)