Tuesday, March 5, 2013

Cara mengajarkan Pecahan

Tags

Cara mengajarkan Pecahan kepada anak SD, materi matematika yang kali ini akan sharematika bahas. Sebelumnya kami ucapkan salam terlebih dahulu kepada sahabat sharematika semua. Assalamualaikum Wr.WB berjumpa lagi dengan sharematika blog yang sangat sederhana ini yang membahas semua materi matematika SD,SMP,SMA dan Perguruan Tinggi. Pada pertemuan kali ini sharematika membahas bagaimana cara mengajarkan pecahan kepada anak SD. Sahabat sharematika tentunya tahu kan, mengajarkan matematika kepada anak SD itu susah -susah gampang.Menurut kita yang sudah dewasa ini pecahan itu sangatlah mudah, tetapi tidak dengan anak SD, mereka susah untuk mengerti materi pecahan ini. Untuk itu kita membutuhkan kesabaran dan ilmu tentunya dalam mengajarkan materi pecahan kepada anak SD. Mari kita pelajari bersama bagaimana mengajarkan pecahan kepada anak SD.

Langkah-langkahnya Sebagai berikut :
  • Pertama. Hubungkan materi pecahan yang akan dipelajari dengan konteks dunia nyata, misalnya dengan benda konkret yang siswa benar-benar tahu dan sering melihat benda tersebut, dan sebisa mungkin benda itu mempunyai bentuk yang teratur.  Misalnya anak didik kita senang memakan makanan roti tawar, maka kita hubungkan materi kita dengan roti tawar tersebut.
  • Kedua. Jelaskan kepada anak bahwa anda akan membagikan satu bungkus roti tawar itu kepada sepuluh orang, maka anda praktekan membagi satu bungkus roti tawar itu kepada sepuluh anak, kemudia anda jelaskan bahwa roti satu bungkus itu dapat dibagikan kepada sepuluh anak, itu berarti 1 per 10. Anda bisa tuliskan di papan tulis.
  • Ketiga. Setelah anda praktekan langkah pertama dan kedua, anda bisa menyuruh siswa anda untuk langsung mempraktekannya, bisa menggunakan kertas atau benda lain yang mudah didapat dan benda itu mempunyai bentuk yang tertur.
Bimbing siswa anda untuk mempraktekannya dengan langkah - langkah :
  • Bentuk kertas menjadi Bentuk persegi.
  • Setengah dari Persegi itu diarsir untuk menunjukan pecahan setengah ( satu per dua ). 
  • Tunjukan kepada siswa gambar tersebut
  • Perintahkan siswa untuk melipat bagian yang diarsir
  • Perintahkan siswa untuk melihat bagian yang diarsir tersebut dan bagian yang tidak diarsir
  • Anda menjelaskan bahwa setelah dilipat bentuk persegi yang tadinya utuh menjadi dua bagian yang sama.
  • Setelah siswa melipatnya, jelaskan kepada siswa bahwa bagian yang diarsir adalah setengah dari bentuk persegi tersebut.
  • Setelah siswa mengerti bahwa bagian yang diarsir itu nilainya setengah dan yang tidak diarsir nilainya juga setengah, maka anda perkenalkan lambangnya.
  • Kemudian siswa diperintahkan menulis lambang satu per dua. 
  • Beri kesempatan siswa untuk bertanya apa yang tidak dia mengerti.
Memerintahkan anak untuk membuat bentuk seperti gambar dibawah ini.
Gambar1. (membuat kertas menjadi persegi)













Gambar 2. (Memberi arsiran dari setengah persegi tersebut)












Tersebut diatas adalah langkah-langkah menjelaskan pecahan kepada anak SD yang mungkin anda coba sebagai guru atau pembimbing siswa SD anda. Semoga bermanfaat.
terimakasih atas kunjungannya, jika ada yang ditanyakan mengenai materi matematika SD,SMP,SMA dan perguruan tinggi bisa ditanyakan disini(sharematika).