Akar Pangkat Tiga

AKAR PANGKAT TIGA suatu bilangan adalah bilangan tersebut dikalikan secara berulang sebanyak tiga kali. Sebelum kita membahas lebih lanjut apa itu akar pangkat tiga, sharematika mengucapkan salam untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika blog materi matematika yang sangat sederhana ini yang membahas semua materi matematika SD,SMP,SMA dan Perguruan Tinggi.
Akar pangkat tiga adalah materi kelas enam SD yang cukup mengasyikan jika dipelajari. Materi ini sangat mendasari mata pelajaran matematika di sekolah jenjang berikutnya, alangkah baiknya materi akar pangkat tiga ini dapat dikuasai untuk bekal di kemudian hari.
Mari kita pelajari materinya bersama :
Misalnya untuk menentukan berapakah akar pangkat tiga dari bilangan berikut?

8 cm³ maka panjang sisinya adalah ³√8 = 2. Akar pangkat tiga dari 64 adalah 4.


  • Cara Percobaan.  Cara ini untuk mencari akar pangkat tiga dari suatu bilangan yang besar, misalnya ribuan, puluhan ribu dan sebagainya.  Syaratnya harus hafal bilangan kubik dasar :
Maka untuk mencari akar bilangan ribuan, atau puluhan ribu dan seterusnya maka dapat dicari lihat contoh berikut :
Bilangan 4.096 kita pilah atau kita tandai setiap tiga bilangan dari belakang atau satuan dengan titik. Sehingga bilangan yang didepan disebuat ribuan. Angka ribuan bilangan tersebut adalah 4. Bilangan pangkat tiga yang hasilnya mendekati 4 adalah 1. Karena 1³ = 1. Kalau 2³ = 8 terlalu banyak dari 4. Kemudian lihat angka satuannya atau angka paling belakang yaitu angka 6. Kita ingat ke bilangan kubik dasar pada gambar diatas. Bilangan pangkat tiga yang satuannya enam adalah 6³ = 216. Jadi hasil akar pangkat tiga dari 4.096 adalah 16.

Semoga penjelasan materi akar pangkat tiga diatas bermanfaat untuk sahabat shrematika semua. Jika ada yang ditanyakan mengenai materi matematika sd,smp,sma dan perguruan tinggi bisa ditanyakan di bagian komentar. Terimakasih atas kunjungannya.

0 comments:

Post a Comment

Jika ada yang ditanyakan mengenai materi matematika SD,SMP maupun SMA bisa ditanyakan disini dengan cara mengetikan pertanyaan anda dibawah ini, dan Silahkan berkomentar apapun dengan kalimat yang sopan dan bahasa yang baku. :)