Saturday, March 23, 2013

Uji Prasyarat (Statistik Pendidikan)

Uji Prasyarat dalam statistik pendidikan. Sebelum kita membahas materi ini, sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika blog yang sangat sederhana ini yang membahas tentang semua materi matematika SD,SMP,SMA dan perguruan tinggi.  Matematika adalah mata pelajaran yang sangat mengasyikan jika kita menyukainya. tidak akan bosan kita mempelajari matematika, karena matematika adalah rajanya ilmu pengetahuan.

Mari kita awali dengan berbasmalah.
Uji prasyarat. 
Dalam uji prasyarat ada 2 uji, pertama uji normalitas dan kedua uji homogenitas.
       Dalam melakukan analisis data yang menggunakan teknik korelasional dengan dua bentuk perhitungan yaitu korelsi product moment dan regresi diperlukan asumsi – asumsi tertentu agar intrepretasi terhadap hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dilihat dari sudut pandang statistika. Dalam hubungan ini, asumsi/persyaratan yang perlu dipenuhi adalah :

q Korelasi product momen/Pearson
1.      sampel diambil secara acak
2.      ukuran sampel minimum dipenuhi
3.      data sampel masing-masing variabel berdidtribusi normal
4.      bentuk regresi linier (Santosa Murwani. 2000. h 32)
sementara itu menurut Dennis  E. Hinkle  menyatakan bahwa analisis menggunakan
korelasi Pearson perlu memenuhi dua kondisi yaitu :
1.    Variabel yang dikorelasikan harus berpasangan  bagi individu atau subjek yang sama.
2.    Variabel yang dikorelasikan  skala pengukurannya harus interval atau rasio, dan hubungannya harus bersifat linier.
3.    Homogenitas kelompok
q Regresi (Fred  N. KerlingerElazar J. Pedhazur : 1973 : 47)
1.    Skor Variabel Y (dependent Variable) harus berdistribusi normal untuk setiap nilai X, sedangkan untuk variabel bebas (X) tidak disyaratkan berdidtribusi normal.
2.    Skor variabel dependen (Y) mempunyai varians yang sama (homogenitas variansi) untuk setiap nilai variabel bebas (X).
Dengan memperhatikan persyaratan di atas, nampak bahwa asumsi normalitas distribusi serta homogenitas variansi diperlukan baik dalam perhitungan korelasi maupun regresi, sedangkan asumsi-asumsi lainnya lebih bersifat pra analisa, oleh karena itu uraian berikut akan difokuskan pada pengujian normalitas dan homogenitas.

Semoga materi diatas bermanfaat untuk sahabat sharematika semua, jika ada yang ditanyakan mengenai materi matematika SD , atau bingung dengan materi matematika SMP, Materi matematika SMA dan Materi matematik di perguruan tinggi bisa ditanyakan disini. terimakasih atas kunjungannya.