Monday, March 25, 2013

Definisi dalam geometri transformasi

Sharematika blog materi matematika sd,smp,sma dan perguruan tinggi akan membahas tentang definisi-definisi  dalam geomteri transformasi, Berikut Ulasannya :
Transformasi Bidang atau Transformasi pada Bidang, disingkat “transformasi” ialah fungsi bijektif dengan domain himpunan semua titik pada suatu bidang (datar) dan dengan range (jangkauan) himpunan itu juga.
  Geomeri Transformasi ialas pembahasan geometri dengan menggunakan transformasi.  Macam-macam transformasi, misalnya  adalah sebagai berikut.


Translasi (putaran, pergeseran)
Translasi menurut vector  ai + bj ialah perkawanan titik titk pada suatu bidang datar dengan titik-titik pada bidang datar itu juga, dengan sifat bahwa setiap titik )x,y) dikawankan dengan titik (x+a,y+b)



Rotasi (putaran, perputaran)
Rotasi sekeliling titik P dengan sudut rotasi (sudut putar)  ialah perkawanan titik titk pada suatu bidang datar dengan titik-titik pada bidang datar itu juga.



Setengah putaran
Setengah putaran dengan pusat T ialah putaran sekeliling titik T,  \[\Theta \] dengan sudut putar 180o.  Setengah putaran sekeliling titik T, disebut juga refleksi (pencerminan) ke  titik . Hasil setengah putaran titik (x,y) sekeliling titik O(0,0), ialah titik )-x,-y).



Refleksi (pencerminan) 
Contoh:
Refleksi ke garis g ialah transformasi yang mengawan titik T dengan titik T itu jika T terletak pada garis g, dan mengawankan setiap titik T dengan titik T sedemikian sehingga garis g menjadi sumbu dari ruas garis TT’, jikaT tidak terletak pada garis g.




Refleksi geser (reflkesi luncur, glide reflection)
Refleksi geserrr ialah transformasi yang merupakan komposisi dari refleksi ke suatu garis g yang dikuti translasi menurut suatu vektor yang sejajar dengan garis g, pada hasil refleksi.