Friday, June 13, 2014

Makalah Penilaian kemampuan matematika

Makalah penilaian kemampuan matematika adalah judul dari artikel kali ini. Sebelum kalian mendownload makalah penilaian kemampuan matematika alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika blog yang membahas semua materi matematika secara lengkap.
Pada kesempatan kali ini sharematika berbagi makalah penilaian kemampuan matematika, barangkali sahabat sharematika membuatuhkan suatu makalah penilaian kemampuan matematika sebagai referensi, kalian bisa mendownload makalah penilaian kemampuan matematika dibawah ini:


BABIX
PENILAIAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

A.    Pengertian Penilaian Kemampuan Matematika
      Penilaian adalah suatu kegiatan mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik atau buruk (Suharsimi Arikunto, 2001 :4). Adapun pengertian lain, penilaian adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauhmana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik (Akhmad Sudrajat, 2008). Penilaian meruapakan proses menentukan nilai atau objek, dengan menggunakan ukuran atau kriteria tertentu. Salah satu ciru penilaian adalah adanya obyek atau program yang dinilai dan adanya kriteria sebagai dasar untuk membandingkan antara kenyataan dengan kriteria atau apa yang seharusnya. Inti penilaian yaitu proses menentukan nilai pada obyek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. (Kusno, 2007).
      Dalam PP. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab I Pasal 1 ayat 17 dikemukakan bahwa " Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik".

      Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa penilaian adalah pengambilan suatu keputusan atas pengukuran yang telah dilaksanakan dan penilaian adalah bersifat kualitatif.Sedangkan matematika sendiri adalah bahasa yang melambangkan makna dari serangkaian pernyataan yang ingin kita sampaikan.
      Kemampuan berasal dari kata "mampu" yang mempunyai arti kesanggupan, kecakapan, atau kekuatan (Poerwadarminta, 2005 :707).
      Sedangkan menurut Uno (2008), " Kemampuan adalah merujuk pada kinerja seseorang dalam suatu pekerjaan yang bisa dilihat dari pikiran, sikap m dan perilakunya".
      Sedangkan kemampuan matematika didefinisikan oleh NCTM (1999) sebagai "Mathematical power includes the ability to explore, conjecture, and reason logically; to solve non-noutine problems; to communicate about and through mathematics; and to connect ideas within mathematics and berween mathematics and other intellectual activity". ("Kemampuan matematika, selain kemampuan untuk menggali, menyusun konjektur, dan membuat alasan-alasan secara logis, untuk memecahkan masalah non rutin, untuk berkomunikasi mengenai dan melalui matematika, dan untuk menghubungkan berbagai ide-ide dalam matematika dan diantara matematika dan aktifitas intelektual lainnya"). Sedangkan menurut Pinellas County Schools, Division of Curriculum and Instruction Secondary Mathematics, kemampuan matematis (Mathematical Abilities) adalah pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk dapat melakukan manipulasi matematika meliputi pemahaman konsep dan pengetahuanprosedural. Daya matematika juga meliputi pengembangan kepercayaan diri dan disposisi untuk mencari, mengevaluasi dan menggunakan informasi kuantitatif dan spasial dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.
      Selanjutnya, menurut The Massachusetts Mathematics Framework 1996 (dalam Department of Education, 1996), pengembangan daya matematis dapat dilakukan melalui pemecahan masalah (problem solving), komunikasi (communication), penalaran (reasoning), koneksi (conection), dan implikasinya, misalnya : kritis, jujur, disiplin, taat asas, percaya diri, dan tanggung jawab ).
      Jadi, dapat disimpulkan penilaian kemampuan matematika adalah proses/cara dalam menentukan nilai dengan menggunakan ukuran/kriteria tertentu untuk mengetahui kesanggupan atau kecakapan matematika.

Selengkapnya bisa didownload dibawah ini :

Semoga makalah penilaian kemampuan matematika bermanfaat untuk sahabat sharematika semua. salam sukses