Rpp matematika kelas VIII kurikulum 2013 adalah judul dari postingan kali ini. Sebelum sharematika berbagi mengenai rpp matematika kelas 8 kurikulum 2013 alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika, blog yang membahas semua tentang matematika. Kenapa sharematika berbagi mengenai rpp kurikulum 2013 mata pelajaran matematika? karena rpp kurikulum 2013 itu masih baru dan masih banyak yang membutuhkan patokan dalam penyusunan rpp kurikulum 2013 mata pelajaran matematika. Semoga contoh rpp matematika kelas 8 kurikulum 2013 ini bermanfaat untuk semua.Dibawah ini contoh rpp kurikulum 2013 mata pelajaran matematika.
Download rpp matematika kurikulum 2013, klik disini.
Untuk rpp matematika kelas 8 kurikulum 2013 bab operasi aljabar klik disini.
untuk rpp matematika kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi, klik disini.
untuk download rpp matematika kelas 8 kurikulum 2013 bab statistika, klik disini.
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memberi salam dan Memimpin doa (Meminta
seorang siswa untuk memimpin doa)
2.
Menanya kabar dan
mengecek kehadiran siswa.
3.
Meminta siswa untuk menyiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan untuk memulai
kegiatan pembelajaran, misalnya Buku
Siswa SMP kelas VIII.
4.
Guru membagi siswa
kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 anggota.
5.
Guru mengajak siswa
untuk mengingat kembali materi Sistem Koordinat sebelumnya.
6.
Guru memberikan
motivasi kepada siswa. “ Pisau jika diasah akan tajam, namun akan berkarat
jika tidak pernah digunakan begitu juga dengan ilmu, semakin banyak digunakan
maka akan bermanfaat”.
7.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu (1) Menunjukkan sikap konsisten
dan teliti, tanggung jawab, dan logis selama mengikuti proses pembelajaran.
(2) Mengidentifikasi titik – titik pada bidang koordinat. (3) Mengidentifikasi
posisi titik terhadap titik asal O(0,0) dan terhadap
titik tertentu.
|
5 menit
|
Inti
|
Fase 1: Orientasi siswa pada masalah
1.
Guru memberikan suatu
permasalahan yang terdapat dalam powerpoint.
2.
Guru meminta siswa
untuk mengamati dengan membaca pada bagian ayo mengamati pada buku siswa.
3.
Guru
meminta siswa untuk menanya
berdasarkan kasus yang ada di buku siswa.
4.
Guru
membentuk suatu kelompok yang masing-masing terdiri dari 4 siswa dan siswa
berlatih menalar dengan
mengerjakan soal pada bagian ayo menalar pada buku siswa.
5.
Guru
menginformasikan kepada siswa untuk mendiskusikan dengan kelompok lain, dalam
kegiatan ini : guru meminta siswa untuk menukarkan
jawabannya dan mendiskusikan dengan teman 1 kelompok. Guru meminta siswa
untuk mencermati langkah-langkah untuk menggambar titik-titik pada bidang
koordinat dan menjelaskan kepada temannya yang mengalami kesulitan.
Fase
2: Mengorganisasikan siswa untuk belajar
1.
Guru memberikan
masing-masing tiap kelompok 1 lembar LKK yang berisi masalah untuk mereka selesaikan bersama-sama.(Terlampir
2)
2.
Guru berkeliling
untuk mencermati serta mencari kesulitan yang dialami siswa pada saat
mengerjakan LKK.
3.
Guru memberikan
bantuan berupa arahan kepada siswa tentang kesulitan yang sedang dialaminya
4.
Guru mendorong siswa
agar dalam memecahkan suatu permasalahan dengan cara kerjasama, agar hasil
yang diperoleh memuaskan.
Fase
3:
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.
Guru menunjuk salah
satu perwakilan kelompoknya untuk maju mempresentasikan hasil diskusi didepan
kelas.
2.
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi hasil diskusi dari perwakilan
kelompok yang maju.
3.
Guru mempersilahkan
kelompok lain yang mempunyai jawaban berbeda untuk maju mempresentasikannya.
4.
Guru mengumpulkan
hasil diskusi tiap kelompok.
5.
Guru mengarahkan
siswa untuk membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari.
6.
Guru memberikan
latihan soal mengenai posisi titik
terhadap titik pusat O(0,0) dan terhadap titik tertentu (a,b).
7.
Guru mengumpulkan
hasil dari pengerjaan latihan soal yang diberikan.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta untuk menyimpulkan
materi yang dipelajari mengenai titik – titik koordinat, posisi titik terhadap titik asal O(0,0) dan titik
tertentu (a,b)
2.
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan memberi pesan agar rajin belajar dan mempersiapkan diri
untuk pertemuan selanjutnya.
|
5
menit
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Menunjukkan
sikap konsisten dan teliti dalam proses pembelajaran yang berlangsung.
(Terlampir 1)
b. Bertanggungjawab
dalam kegiatan kelompok. (Terlampir 1)
c. Menunjukkan
sikap logis dalam menyelesaiakn suatu permasalahan. (Terlampir 1)
|
Pengamatan dan Angket
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Mengidentifikasi
titik – titik pada bidang koordinat.
b. Mengidentifikasi
posisi titik terhadap titik pusat O(0,0) dan
terhadap titik tertentu (a,b).
|
Pengamatan dan Latihan Soal
|
Penyelesaian tugas secara individu dan
kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Menunjukkan
kemampuan mempertahankan pendapat.
b. Menggambarkan
titik – titik pada bidang koordinat.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (kelompok) dan saat
diskusi
|
Total
Skor
|
100
|
Skor
Maksimum
|
100
|
Skor
Minimum
|
0
|
No
|
Pernyataan
|
Sikap
|
Alasan
|
|
S
|
TS
|
|||
1
|
Saya selalu mengerjakan PR atau tugas sendiri
|
|||
2
|
Saya tidak pernah menunda mengerjakan PR atau tugas
yang diberikan guru
|
|||
3
|
Saya selalu mengandalkan teman yang pandai saat
berdiskusi kelompok
|
|||
4
|
Saya selalu melaksanakan tugas sesuai dengan
kesepakatan dalam kelompok
|
|||
5
|
Saya berani mengambil keputusan sendiri
|
|||
6
|
Saya berani bertanggung jawab dengan keputusan yang
saya pilih
|
|||
7
|
Saya selalu mengembalikan barang yang telah saya
pinjam
|
|||
Total Skor
|
2 komentar
terima kasih sangat bermanfaat senag berkunjung ke website bapak
Jual RPP Kurikulum 2013
Wow jangan lupa baca juga materi Sistem Koordinat.