rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi adalah judul postingan kali ini. Sebelum sharematika berbagi rpp kelas 8 kurikulum 2013 alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika blog yang membahas semua tentang matematika. Pada postingan sebelumnya sharematika sudah berbagi rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab sistem koordinat dan rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab operasi aljabar, dan peda kesempatan kali ini sharematika akan berbagi rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi.
Langsung saja, dibawah ini adalah rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi.
Download contoh rpp kelas 8 kurikulum 2013, klik disini.
dan dibawah ini sekilah preview contoh rpp kelas 8 bab fungsi kurikulum 2013. mohon maaf jika ada kukurangan dalam pembuatan rpp kelas 8 kurikulum 2013. semoga contoh rpp kelas 8 kurikulum 2013 ini bermanfaat untuk sahabat sharematika semua. terimakasih.
Preview rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 1 KALIBAGOR
Kelas
/ Semester : VIII/ 1
Mata
Pelajaran : Matematika
Materi Pokok
: Fungsi
Waktu : 3 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti SMP kelas VIII
:
KI
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong ), santun, percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4. Mencoba, menyaji , dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif,
dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi,
pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram.
Indikator :
3.5.9
Memahami ciri – ciri
fungsi.
3.5.10
Memahami fungsi dan
bukan fungsi.
3.5.11
Memahami daerah asal
atau domain dan daerah kawan atau kodomain.
3.5.12
Menemukan daerah hasil atau
range.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menunjukkan
sikap logis selama mengikuti proses pembelajaran.
2. Memahami
ciri – ciri fungsi.
3. Memahami
fungsi dan bukan fungsi.
4. Memahami
daerah asal atau domain dan daerah kawan atau kodomain.
5. Menemukan
daerah hasil atau range.
D. Materi (Terlampir 1)
3.1 Memahami
ciri – ciri fungsi
E. Pendekatan / Model /
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan pembelajaran : Scientific
2.
Model pembelajaran : Problem Based Learning
3.
Metode pembelajaran : Ceramah, diskusi/ tanya
jawab, penugasan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : LCD, Laptop,
Bahan tayang(Power point).
2.
Sumber belajar :
Indonesia, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Matematika kelas VIII. Jakarta
: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hal 75 - 86.
3.
Bahan Ajar : Lembar Kerja Kelompok (LKK).
G.
Langkah
– Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memberi salam dan
menanya kabar.
2.
Meminta siswa untuk menyiapkan perlengkapan dan
peralatan yang diperlukan untuk memulai
kegiatan pembelajaran, misalnya Buku
Siswa SMP kelas VIII.
3.
Guru meminta siswa
untuk menyaksikan tayangan pada slide powerpoint tentang “ Lilin Harapan “.
4.
Guru membagi siswa
kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 anggota.
5.
Menginformasikan
tentang materi yang akan dipelajari yaitu memahami ciri – ciri fungsi.
6.
Guru menyampaikan
manfaat mempelajari ciri – ciri fungsi yaitu untuk memudahkan dalam
membedakan fungsi dan bukan fungsi,dsb.
7.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu (1) Menunjukkan sikap logis
selama mengikuti proses pembelajaran. (2) Memahami ciri – ciri fungsi. (3)
Memahami fungsi dan bukan fungsi. (4) Memahami daerah asal atau domain dan
daerah kawan atau kodomain. (5) Menemukan daerah hasil atau range.
8.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran yaitu dengan ceramah, diskusi, dan penugasan.
|
5 menit
|
Inti
|
Fase
1: Orientasi siswa pada masalah
1.
Guru memberikan suatu
permasalahan pada Slide tentang karakteristik fungsi “ memahami pesan “ dan Masalah
3.1.
2.
Guru meminta siswa
untuk mengamati masalah tentang
ciri – ciri fungsi yang diberikan oleh guru.
3.
Siswa dipersilahkan
untuk menanya kepada siswa lain, bahkan bila perlu guru
dapat membantunya.
4.
Guru meminta siwa
untuk mengeksplorasikan dengan
menuliskan informasi-informasi apa yang mereka dapatkan dari permasalahan itu
dengan bahasa mereka sendiri.
Fase
2: Mengorganisasikan siswa untuk belajar
1.
Guru memberikan LKK
masing-masing kelompok 1 lembar.
2.
Guru berkeliling
mencermati setiap kelompok serta mencari kesulitan yang dialami mereka dalam
mengerjakan LKK.
3.
Guru memberikan
bantuan berupa arahan kepada siswa tentang kesulitan yang sedang dialaminya.
Fase
3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
1.
Guru meminta siswa
untuk mengasosiasikan dengan menganalisis ciri – ciri fungsi.
2.
Guru meminta siswa
untuk mendiskusikan cara penyelesaian masalah.
Fase
4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.
Guru meminta siswa
untuk membuat laporan tentang hasil pekerjaannya dengan rapi.
2.
Guru berkeliling
untuk melihat laporan hasil pekerjaan dan memberi bantuan apabila diperlukan.
3.
Guru menunjuk salah
satu perwakilan kelompok untuk maju mempresentasikan hasil pekerjaannya.
Fase
5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi hasil pekerjaan kelompok yang
telah dipresentasikan.
2.
Guru mempersilahkan
siswa lain yang mempunyai jawaban berbeda untuk maju mempresentasikannya.
3.
Siswa diminta
mengerjakan soal latihan.
4.
Guru mengarahkan
siswa untuk membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari.
|
110 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta untuk
menyimpulkan dan mencatat materi yang
dipelajari mengenai ciri – ciri fungsi, domain, kodomain, dan range.
2.
Guru mengakhiri
pembelajaran dengan memberi pesan agar rajin belajar dan mempelajari materi
selanjutnya, yaitu bentuk penyajian fungsi.
|
5
menit
|
H. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian:
pengamatan, tes tertulis dan angket
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Menunjukkan
sikap logis selama mengikuti proses pembelajaran. (Terlampir 2)
|
Pengamatan dan Penilaian Diri
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Memahami ciri – ciri
fungsi.
b.
Memahami fungsi dan
bukan fungsi.
c.
Memahami daerah asal
atau domain dan daerah kawan atau kodomain.
d.
Menemukan daerah
hasil atau range.
|
Soal Latihan dan LKK
|
Penyelesaian tugas secara individu dan
kelompok
|
I.
Instrumen
Penilaian
Jenis
instrumen : Latihan
Bentuk
instrumen : Pengetahuan
Selengkapnya tentang rpp kelas 8 bab fungsi kurikulum 2013 bisa diwonload. klik disini.