Tuesday, October 21, 2014

rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi

rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi adalah judul postingan kali ini. Sebelum sharematika berbagi rpp kelas 8 kurikulum 2013 alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika blog yang membahas semua tentang matematika. Pada postingan sebelumnya sharematika sudah berbagi rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab sistem koordinat dan rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab operasi aljabar, dan peda kesempatan kali ini sharematika akan berbagi rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi.
Langsung saja, dibawah ini adalah rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi.
Download contoh rpp kelas 8 kurikulum 2013, klik disini.
dan dibawah ini sekilah preview contoh rpp kelas 8 bab fungsi kurikulum 2013. mohon maaf jika ada kukurangan dalam pembuatan rpp kelas 8 kurikulum 2013. semoga contoh rpp kelas 8 kurikulum 2013 ini bermanfaat untuk sahabat sharematika semua. terimakasih.
Preview rpp kelas 8 kurikulum 2013 bab fungsi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Satuan Pendidikan      : SMP NEGERI 1 KALIBAGOR
                                    Kelas / Semester          : VIII/ 1
                                    Mata Pelajaran : Matematika
 Materi Pokok             : Fungsi
                           Waktu                         : 3 x 40 menit

A.      Kompetensi Inti SMP kelas VIII :
KI  1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (toleransi, gotong royong ), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4. Mencoba, menyaji , dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1              Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.1              Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.5       Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram.
Indikator              :
3.5.9                 Memahami ciri – ciri fungsi.
3.5.10             Memahami fungsi dan bukan fungsi.
3.5.11             Memahami daerah asal atau domain dan daerah kawan atau kodomain.
3.5.12             Menemukan daerah hasil atau range.

C.      Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.      Menunjukkan sikap logis selama mengikuti proses pembelajaran.
2.      Memahami ciri – ciri fungsi.
3.      Memahami fungsi dan bukan fungsi.
4.      Memahami daerah asal atau domain dan daerah kawan atau kodomain.
5.      Menemukan daerah hasil atau range.

D.      Materi (Terlampir 1)
3.1    Memahami ciri – ciri fungsi

E.     Pendekatan / Model / Metode Pembelajaran
1.        Pendekatan pembelajaran : Scientific
2.        Model pembelajaran                     : Problem Based Learning
3.        Metode pembelajaran                   : Ceramah, diskusi/ tanya jawab, penugasan

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.        Media                               : LCD, Laptop, Bahan tayang(Power point).
2.        Sumber belajar                 : Indonesia, Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan. 2013. Buku Guru Matematika kelas VIII. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hal 75 - 86.
3.        Bahan Ajar                       : Lembar Kerja  Kelompok (LKK).

G.    Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Memberi salam dan menanya kabar.
2.        Meminta siswa untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan untuk memulai kegiatan pembelajaran, misalnya Buku Siswa SMP kelas VIII.
3.        Guru meminta siswa untuk menyaksikan tayangan pada slide powerpoint tentang “ Lilin Harapan “.
4.        Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 anggota.
5.        Menginformasikan tentang materi yang akan dipelajari yaitu memahami ciri – ciri fungsi.
6.        Guru menyampaikan manfaat mempelajari ciri – ciri fungsi yaitu untuk memudahkan dalam membedakan fungsi dan bukan fungsi,dsb.
7.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu (1) Menunjukkan sikap logis selama mengikuti proses pembelajaran. (2) Memahami ciri – ciri fungsi. (3) Memahami fungsi dan bukan fungsi. (4) Memahami daerah asal atau domain dan daerah kawan atau kodomain. (5) Menemukan daerah hasil atau range.
8.        Guru menyampaikan rencana pembelajaran yaitu dengan ceramah, diskusi, dan penugasan.

5 menit
Inti
Fase 1: Orientasi siswa pada masalah
1.        Guru memberikan suatu permasalahan pada Slide tentang karakteristik fungsi “ memahami pesan “ dan Masalah 3.1.
2.        Guru meminta siswa untuk mengamati masalah tentang ciri – ciri fungsi yang diberikan oleh guru.
3.        Siswa dipersilahkan untuk menanya  kepada siswa lain, bahkan bila perlu guru dapat membantunya.
4.        Guru meminta siwa untuk mengeksplorasikan dengan menuliskan informasi-informasi apa yang mereka dapatkan dari permasalahan itu dengan bahasa mereka sendiri.

Fase 2: Mengorganisasikan siswa untuk belajar
1.        Guru memberikan LKK masing-masing kelompok 1 lembar.
2.        Guru berkeliling mencermati setiap kelompok serta mencari kesulitan yang dialami mereka dalam mengerjakan LKK.
3.        Guru memberikan bantuan berupa arahan kepada siswa tentang kesulitan yang sedang dialaminya.
Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
1.        Guru meminta siswa untuk mengasosiasikan  dengan menganalisis ciri – ciri fungsi.
2.        Guru meminta siswa untuk mendiskusikan cara penyelesaian masalah.

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
1.        Guru meminta siswa untuk membuat laporan tentang hasil pekerjaannya dengan rapi.
2.        Guru berkeliling untuk melihat laporan hasil pekerjaan dan memberi bantuan apabila diperlukan.
3.        Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk maju mempresentasikan hasil pekerjaannya.

Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi hasil pekerjaan kelompok yang telah dipresentasikan.
2.        Guru mempersilahkan siswa lain yang mempunyai jawaban berbeda untuk maju mempresentasikannya.
3.        Siswa diminta mengerjakan soal latihan.
4.        Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari.

110  menit
Penutup
1.        Siswa diminta untuk menyimpulkan dan mencatat  materi yang dipelajari mengenai ciri – ciri fungsi, domain, kodomain, dan range.
2.        Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberi pesan agar rajin belajar dan mempelajari materi selanjutnya, yaitu bentuk penyajian fungsi.
5 menit


H.      Penilaian Hasil Belajar
1.         Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis dan angket
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Menunjukkan sikap logis selama mengikuti proses pembelajaran. (Terlampir 2)
Pengamatan dan Penilaian Diri
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.         Memahami ciri – ciri fungsi.
b.        Memahami fungsi dan bukan fungsi.
c.         Memahami daerah asal atau domain dan daerah kawan atau kodomain.
d.        Menemukan daerah hasil atau range.

 Soal Latihan dan LKK

Penyelesaian tugas secara individu dan kelompok

I.         Instrumen Penilaian
Jenis instrumen                : Latihan
Bentuk instrumen            : Pengetahuan       

Selengkapnya tentang rpp kelas 8 bab fungsi kurikulum 2013 bisa diwonload. klik disini.