Rpp kelas 8 kurikulum 2014 terbaru adalah judul dari postingan kali ini. Sebelum kita berbagi RPP kelas 8 kurikulum 2014 ini, alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua. berjumpa lagi dengan sharematika, blog yang membahas semua tentang matematika. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi contoh rpp matematika kelas 8 atau contoh rpp matematika kelas 8 materi operasi aljabar.
Berikut dibawah ini adalah contoh rpp matematika kelas 8 materi aljabar.
RPP operasi aljabar kurikulum 2013
Klik disini, Untuk download rpp operasi aljabar kurikulum 2013 terbaru dalam bentuk msword
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Operasi
Aljabar
Alokasi Waktu :
4 pertemuan (10 JP)
A.
Kompetensi Inti
1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran matematika.
1.1.2 Serius dalam mengikuti
pembelajaran matematika
|
|
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan
pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
2.2.1 Suka
bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2 Suka
mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar.
2.2.3 Tidak
menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan operasi aljabar
2.2.4 Berani presentasi di depan kelas.
|
|
3.1 Menerapkan
operasi aljabar yang
melibatkan bilangan rasional
|
3.1.1
Mengenal bentuk aljabar
3.1.2 Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar
3.1.3 Menerapkan operasi pengalian bentuk aljabar
3.1.4 Menerapkan operasi pembagian bentuk aljabar
3.1.5
Menyederhanakan bentuk aljabar
|
C.
Tujuan Pembelajaran
KI 1 dan KI
2
Peserta didik:
1.1.1.1 Bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran matematika.
1.1.1.2 Serius dalam mengikuti pembelajaran
matematika
2.2.1.1
Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2.1 Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan aljabar.
2.2.3.1 Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam
menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar
2.2.4.1 Berani presentasi di depan kelas.
KI 3 dan KI 4
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran, peserta didik:
3.1.1 Mengenal
bentuk aljabar
3.1.2 Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.1.3 Menerapkan operasi pengalian bentuk aljabar
3.1.4 Menerapkan operasi pembagian bentuk aljabar
3.1.5 Menyederhanakan bentuk aljabar
D.
Materi Pembelajaran
1. Operasi Aljabar
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Saintifik
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Gambar Kardus dan bola
2. Alat dan bahan
Laptop, power point,spidol
3. Sumber Belajar
Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2014. Matematika SMP Kelas VIII.
Jakarta: Kementerian Guruan dan Kebudayaan. (hal 39- 79)
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2) Melalui tanya
jawab, peserta didik diingatkan kembali macam-macam bilangan (apersepsi).
3) Siswa mengamati tayangan yang ada sebagai contoh
4)
Guru bertanya : bagaimana bentuk
aljabar permasalahan di atas ?
5)
Peserta
didik diberi permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang
terkait operasi aljabar seperti berikut : bagaimana bentuk aljabar ketika beras tersebut berada di dalam karung?
6) Bagaimana caranya menuliskan bentuk aljabar?
7) Guru menegaskan
tujuan yang akan dipelajari hari ini.
8) Guru menyampaikan cakupan materi.
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Mengamati
a)
Peserta
didik mengamati permasalahan yang ada dalam kegiatan
1 pada LKS 1 (terlampir).
2)
Menanya
a)
Peserta
didik merumuskan pertanyaan terkait dengan operasi aljabar yang ada dalam gambar. Misalnya “Seandainya Pak Agus membeli lagi 4 kardus
buku. Bagaimana bentuk aljabarnya ?”
3)
Mencoba/Mengumpulkan data atau
informasi
a)
Peserta
didik secara
berpasangan mencoba untuk menyelesaikan permasalahan
terkait operasi
aljabar yang ada pada kegiatan 1 LKS 1
4) Mengasosiasi/Menganalisa data atau informasi
a)
Peserta
didik menyimpulkan cara
menuliskan bentuk aljabar yang ada dalam kegiatan 1 LKS 1 (lampiran 1)
b)
Peserta
didik menuliskan bentuk aljabar pada LKS 1
c)
Untuk
mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik
mengerjakan latihan soal
5) Mengomunikasi
a)
Salah satu peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi/pekerjaannya.
b)
Peserta
didik yang
lain memberikan tanggapan
hasil presentasi yang disajikan meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)
Guru memberi umpan balik atau konfirmasi
6) Mengamati
a)
Peserta didik secara berpasangan melanjutkan
mengamati permasalahan lain yang ada pada kegiatan 2 pada LKS 1 ( lampiran 1)
7)
Menanya
a)
Peserta
didik merumuskan pertanyaan terkait operasi aljabar. Misalnya “Bagaimana proses
menjumlahkan dan mengurangkan bentuk aljabar?”
8) Mencoba/Mengumpulkan Data atau
informasi
a)
Peserta
didik secara
berpasangan mencoba menyelesaikan permasalahan
terkait operasi
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang
ada pada kegiatan 2 LKS
1
9)
Mengasosiasi /
Menganalisa data atau informasi
a)
Peserta
didik menemukan cara menjumlahkan dan mengurangi bentuk aljabar yang ada
dalam kegiatan 2 LKS 1.(lampiran 1)
b)
Peserta
didik menyelesaiakan permasalahan yang disajikan pada kegiatan pendahuluan tersebut di atas
c)
Untuk
mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik
mengerjakan latihan soal
10) Komunikasi
a)
Salah satu peserta didik mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya.
b)
Peserta didik lain memberikan tanggapan hasil presentasi
meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya.
c)
Guru memberikan umpan balik atau konfirmasi
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik bersama-sama dengan guru
membuat kesimpulan mengenai cara menuliskan bentuk aljabar dan cara menjumlahkan
dan mengurangi bentuk aljabar
2)
Setiap kelompok diberikan perolehan
penghargaan berkaitan dengan aktivitas
kelompok.
3)
Guru menanyakan “ Apakah yang kalian
pelajari hari ini?” kemudian bertanya “ Bagaimana kalian mendapatkan pemahaman
tentang pelajaran hari ini?”
4)
Guru
menyampaikan bahwa pada pertemuan berikutnya akan dibahas tentang pengalian
bentuk aljabar
2.
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2) Melalui tanya
jawab, peserta didik diingatkan kembali bentuk aljabar, variabel, konstanta dan
koefisien (apersepsi)
3) Peserta didik mengamati tayangan permasalahan yang
berkaitan dengan pengalian bentuk
aljabar
4)
Guru bertanya : Dapatkah
kalian menentukan berapa luas kebun apel Pak Idris pada permasalahan tersebut?
5) Peserta didik
diberi permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang terkait operasi
pengalian bentuk aljabar. Misalnya: Bagaimana mengalikan bentuk aljabar?
6) Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari
hari ini.
7)
Guru menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a)
Peserta
didik diminta mengamati permasalahan yang ada dalam
kegiatan 1 LKS 2 (lampiran
2).
2)
Menanya
a)
Peserta
didik merumuskan pertanyaan terkait operasi pengalian bentuk aljabar yang ada dalam permasalahan.
Misalnya “Berapakah hasil kali bentuk aljabar?”
3)
Mencoba/Mengumpulkan data atau informasi
a)
Peserta didik berkelompok untuk mencermati permasalahan yang ada pada kegiatan 1 LKS 2 (terlampir) .
b)
Peserta didik diminta berkerja berkelompok untuk mencermati permasalahan yang
ada pada kegiatan 2 LKS 2 (terlampir).
4) Mengasosiasi/Menganalisa data atau informasi
a)
Untuk
mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik
mengerjakan permasalahan yang diajukan pada kegiatan pendahuluan tersebut di
atas.
5) Mengomunikasikan
a)
Salah satu anggota kelompok diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi kegiatan
sebelumnya.
b)
Peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)
Guru
member umpan balik atau konfirmasi
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik bersama-sama dengan guru
membuat kesimpulan mengenai operasi pengalian bentuk aljabar
2)
Setiap kelompok diberikan perolehan
penghargaan berkaitan dengan aktivitas
kelompok.
3) Guru menanyakan “ Apakah yang kalian
pelajari hari ini?” kemudian bertanya “ Bagaimana kalian mendapatkan pemahaman
tentang pelajaran hari ini?”
4)
Untuk
memberi penguatan, peserta didik diberikan PR tentang operasi
aljabar
5)
Guru menyampaikan materi pertemuan yang
akan datang yaitu operasi pembagian bentuk aljabar
3. Pertemuan Ketiga
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2)
Melalui tanya jawab peserta didik
diingatkan kembali tentang perkalian bentuk aljabar (apersepsi)
3) Guru mengajukan masalah yang berkaitan
dengan operasi pembagian bentuk aljabar
4) Guru menegaskan tujuan yang akan
dipelajari hari ini
5) Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
1)
Mengamati
a)
Peserta
didik mengamati gambar yang ada dalam kegiatan 1 LKS 3 ( lampiran 3).
2)
Menanya
a)
Peserta didik bertanya mengenai bagaimana
hasil bagi bentuk aljabar tersebut ?
3) Mencoba/Mengumpulkan data atau
informasi
a)
Peserta didik berkelompok untuk mencermati permasalahan
yang diberikan pada LKS 3 (lampiran 3)
4) Mengasosiasi/Menganalisa data atau
informasi
a)
Peserta
didik menyelesaikan permasalahan pada kegiatan 1
b)
Untuk
mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik
mengerjakan permasalahan yang diajukan pada kegiatan pendahuluan tersebut di
atas.
5) Mengomunikasi
a)
Salah satu anggota kelompok
mempresentasikan hasil diskusi/pekerjaannya pada permasalahan yang ada dalam
kegiatan 1 LKS 3.
b)
Peserta
didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta didik bersama-sama dengan guru
membuat kesimpulan mengenai operasi pembagian bentuk aljabar
2)
Setiap kelompok diberikan perolehan
penghargaan berkaitan dengan aktivitas
kelompok.
3) Guru menanyakan “ Apakah yang kalian
pelajari hari ini?” kemudian bertanya “ Bagaimana kalian mendapatkan pemahaman
tentang pelajaran hari ini?”
4)
Untuk
memberi penguatan, peserta didik diberikan PR tentang operasi
aljabar
5)
Guru menyampaikan materi pertemuan yang
akan datang yaitu penyederhanaan bentuk
aljabar
4.
Pertemuan Keempat
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2)
Melalui
tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali tentang penjumlahan dan
pengurangan bilangan pecahan.
3)
Peserta
didik mengamati permasalahan yang memuat penyederhanakan
bentuk aljabar
4)
Guru bertanya : dapatkah kalian menyederhanakan bentuk aljabar berikut ?
5) Peserta didik
diberi permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang terkait menyederhanakan
bentuk aljabar. Misalnya:
Bagaimanakah cara menyederhanakan bentuk
aljabar yang lebih rumit ?
6) Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari
hari ini.
7)
Guru menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
a.
Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Mengamati
a) Peserta didik diminta mengamati permasalahan yang
ada dalam kegiatan 1 LKS 4 (lampiran 2).
2)
Menanya
a)
Peserta
didik merumuskan pertanyaan terkait penyederhanaan bentuk aljabar Misalnya sederhanakan
bentuk aljabar berikut .
3)
Mencoba/Mengumpulkan data atau
informasi
a)
Peserta didik berkelompok untuk mencoba menyelesaikan permasalahan yang ada pada kegiatan 1 LKS 4 (terlampir) .
b)
Peserta didik diminta berkerja berkelompok untuk mencoba menyelesaikan permasalahan yang
ada pada kegiatan 2 LKS 4 (terlampir).
4) Mengasosiasi/Menganalisa data atau informasi
a)
Untuk
mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik
mengerjakan permasalahan yang diajukan pada kegiatan pendahuluan tersebut di
atas.
5) Mengomunikasikan
a)
Salah satu anggota kelompok diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi kegiatan
sebelumnya.
b)
Peserta didik memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)
Guru
memberi umpan balik atau konfirmasi
a. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta
didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai penyederhanaan
bentuk aljabar.
2)
Setiap kelompok diberikan perolehan
penghargaan berkaitan dengan aktivitas
kelompok.
3) Guru menanyakan “ Apakah yang kalian
pelajari hari ini?” kemudian bertanya “ Bagaimana kalian mendapatkan pemahaman
tentang pelajaran hari ini?”
4)
Untuk
memberi penguatan, peserta didik diberikan PR tentang bidang
kartesius
5)
Guru menyampaikan rencana ulangan harian
untuk operasi aljabar
H.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik
Penilaian: Observasi
dan penilaian diri
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir
Instrumen
|
|
Bersyukur
atas anugrah Tuhan
|
Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
matematika
|
1
|
Serius dalam mengikuti pembelajaran
matematika
|
1
|
||
JUMLAH
|
2
|
d.
Instrumen: Lembar
Observasi ( lampiran 4A) dan
Lembar Penilaian Diri ( Lampiran 4C)
e.
Petunjuk
Penghitungan Skor (lampiran 4B)
2.
Sikap sosial
a.
Teknik
Penilaian: Observasi
dan penilaian diri
b.
Bentuk Instrumen: Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir
Instrumen
|
1.
|
Memiliki
rasa ingin tahu
|
Suka bertanya
selama proses pembelajaran.
|
1
|
Suka
mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar.
|
1
|
||
Tidak
menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang
berhubungan dengan operasi aljabar.
|
1
|
||
Berani
presentasi di depan kelas
|
1
|
||
JUMLAH
|
4
|
d.
Instrumen: Lembar
Observasi ( lampiran 5A) dan
Lembar Penilaian Diri ( Lampiran 5C)
e.
Petunjuk
Penghitungan Skor (lampiran 5B)
3.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian: Tes
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
Nomor Butir
Instrumen
|
1.
|
Mengenal bentuk aljabar
|
1
|
1
|
2.
|
Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk
aljabar
|
1
|
1,2,5
|
3.
|
Menerapkan operasi pengalian bentuk aljabar
|
1
|
3,5
|
4.
|
Menerapkan operasi pembagian bentuk aljabar
|
1
|
4
|
5.
|
Menyederhanakan bentuk aljabar
|
1
|
6
|
JUMLAH
|
5
|
5
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran 6A
e.
Petunjuk
(rubric) penskoran dan penentuan nilai: lihat lampiran 6B
4.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Proyek
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Proyek
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Menerapkan operasi aljabar
|
1
|
2.
|
Menggunakan
strategi yang sesuai dan beragam
|
2
|
JUMLAH
|
2
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran
7A
e.
Petunjuk
(rubric) penskoran dan penentuan nilai: lihat lampiran 6B
Purwokerto.
Agustus 2014
Mengetahui
Kepala sekolah Guru Mapel
Agus Dwiyanto, S.Pd Mohammad
Irfan faris
NIP. 19650817 200012 1 002 NIP.
196879 110106 0 078
Lampiran 1
Lembar Kerja Siswa (LKS) 1
Pokok
Bahasan : Operasi Aljabar
Hari/Tanggal :
............................/.......................................
Alokasi Waktu :
35 menit
Kelas :
VIII .....
No
Kelompok/Nama :
........./....................................
Kegiatan
I:
Amati Permasalahan dan Gambar Berikut.
1.
Tentukan
posisi titik tersebut.
Jawab :
Tentukan
jarak setiap titik terhadap sumbu-x
Jawab :
2.
3.
Bentuk
aljabar 5p + 8. Tentukan mana yang
termasuk koefisien, variabel, dan konstanta ?
4.
Kegiatan 2
Amati Permasalahan
Berikut.
1.
2.
3.
Lampiran 2
Lembar Kerja Siswa (LKS) 2
Pokok Bahasan :
Operasi Aljabar
Hari/Tanggal :
.....
Alokasi Waktu :
35 menit
Kelas : VIII .....
No Kelompok/Nama :
........./....................................
Kegiatan 1
Amati Gambar Berikut.
i.
Kegiatan
2
Amati Gambar Berikut.
1.
2.
Lampiran 3
Lembar
Kerja Siswa (LKS) 3
Pokok Bahasan :
Operasi Aljabar
Hari/Tanggal :
.....
Alokasi
Waktu : 35 menit
Kelas :
VIII .....
No
Kelompok/Nama :
........./....................................
Kegiatan 1
1.
2.
3.
Kegiatan 2
1
|
2
|
3
|
Lampiran 4
Lembar
Kerja Siswa (LKS) 4
Pokok Bahasan :
Sistem Koordinat
Hari/Tanggal :
.....
Alokasi
Waktu : 35 menit
Kelas :
VIII .....
No
Kelompok/Nama :
........./....................................
Kegiatan 1
1.
2.
3.
Kegiatan 2
Sederhanakan
bentuk aljabar berikut.
1.
2.
3.
Lampiran 4A
INSTRUMEN PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
Kelas :
….
Semester :
….
Tahun Pelajaran :
….
Periode Pengamatan :
Tanggal … s/d ….
Butir Nilai :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Indikator :
1. Bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran matematika
2. Serius dalam mengikuti
pembelajaran matematika
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor Indikator
sikap spiritual (1-4)
|
Jumlah
Perolehan Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/Tidak
tuntas
|
|
Indikator 1
|
Indikator 2
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
…
|
||||||
35
|
Keterangan:
Skor 4 = apabila selalu
melakukan perilaku yang diamati
Skor 3 = apabila sering
melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 = apabila kadang-kadang
melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 = apabila tidak
pernah melakukan perilaku yang diamati
Guru Mapel
Mohammad
Irfan Faris
Lampiran 4B
PETUNJUK PENENTUAN
NILAI SIKAP
1. Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor Akhir =
x 4
2. Skor maksimal = Banyaknya Indikator
x 4
3. Kategori nilai sikap peserta didik:
Sangat Baik (SB) : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33
< Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B) : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor
Akhir ≤ 3,33
Cukup (C ) : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir
≤ 2,33
Kurang (K) : apabila memperoleh Skor Akhir: Skor
Akhir ≤ 1,33
LAMPIRAN 4C
INSTRUMEN PENILAIAN
SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
Nama : ….
Kelas/No. urut : ….
Semester : ….
Tahun Pelajaran : ….
Hari/Tanggal
Pengisian : ….
Butir Nilai : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
Indikator Sikap :
1. Bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran matematika
2. Serius dalam mengikuti
pembelajaran matematika
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
Perolehan skor
|
Skor Akhir
|
Nilai
|
Tuntas/Tidak tuntas
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
1
|
Bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran matematika
|
||||||||
2
|
Serius
dalam mengikuti pembelajaran matematika
|
||||||||
Jumlah
|
Keterangan:
Skor 4 = apabila selalu
melakukan perilaku yang diamati
Skor 3 = apabila sering
melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 = apabila kadang-kadang
melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 = apabila tidak
pernah melakukan perilaku yang diamati
Peserta didik,
………………………….
Lampiran 5A
INSTRUMEN PENILAIAN
SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
Kelas :
….
Semester :
….
Tahun Pelajaran :
….
Periode Pengamatan :
Tanggal … s/d ….
Butir Nilai :
Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta
memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan
matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
Indikator :
1.
Suka
bertanya selama proses pembelajaran.
2.
Suka
mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar
3. Tidak menggantungkan diri pada orang
lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar
4.
Berani
presentasi di depan kelas.
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor Indikator
sikap spiritual (1-4)
|
Jumlah
Perolehan Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/Tidak
tuntas
|
|||
Indk 1
|
Indk 2
|
Indk 3
|
Indk 4
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
…
|
||||||||
35
|
Keterangan:
Skor 4 = apabila selalu
melakukan perilaku yang diamati
Skor 3 = apabila sering
melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 = apabila kadang-kadang
melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 = apabila tidak
pernah melakukan perilaku yang diamati
Guru Mapel
Mohammad
Irfan Faris
LAMPIRAN 4C
INSTRUMEN PENILAIAN
SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
Nama : ….
Kelas/No. urut : ….
Semester : ….
Tahun Pelajaran : ….
Hari/Tanggal
Pengisian : ….
Butir Nilai : Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
Indikator Sikap :
1.
Suka
bertanya selama proses pembelajaran.
2.
Suka
mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar.
3. Tidak menggantungkan diri pada orang
lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar.
4.
Berani
presentasi di depan kelas.
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
Perolehan skor
|
Skor Akhir
|
Nilai
|
Tuntas/Tidak tuntas
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
1
|
Suka
bertanya selama proses pembelajaran.
|
||||||||
2
|
Suka
mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar
|
||||||||
3
|
Tidak
menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan
dengan operasi aljabar
|
||||||||
4
|
Berani
presentasi di depan kelas.
|
||||||||
Jumlah
|
Keterangan:
Skor 4 = apabila selalu
melakukan perilaku yang diamati
Skor 3 = apabila sering
melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 = apabila kadang-kadang
melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 = apabila tidak
pernah melakukan perilaku yang diamati
Peserta didik,
………………………….
Lampiran 6A
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Petunjuk:
1.
Berdoalah sebelum
mengerjakan soal
2.
Jawablah pada lembar
jawaban yang telah disediakan
3.
Selesaikan soal
berikut dengan singkat dan jelas
Soal:
1. Tentukan
hasil penjumlahan bentuk aljabar
2. Tentukan
hasil pengurangan
3. Tentukan
hasil perkalian dari
4. Tentukan hasil bagi
5.
6.
LAPORAN 6B
PETUNJUK (RUBRIK) PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1. Tentukan
hasil penjumlahan bentuk aljabar
|
5
|
|
2. Tentukan
hasil pengurangan
|
5
|
|
3. Tentukan
hasil perkalian dari
|
5
|
|
4. Tentukan hasil bagi
|
7
|
|
5.
|
8
|
|
6.
|
10
|
|
Total Skor Max
|
40
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala
0 – 100 , sebagai berikut :
Nilai Akhir
= Perolehan Skor X (100)
Total Skor Max
|
Lampiran 7A
INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN
Petunjuk:
1. kerjakan
tugas ini berkelompok. Anggota tiap kelompok paling bayak 3 orang
2. lakukan
pengamatan terhadap benda/kejadian/sesuatu disekitarmu yang memuat operasi
aljabar
3. siapkan
lembaran atau format untuk mencatat hasil pengamatanmu. Terhadap setiap
benda/kejadian/sesuatu yang kalian amati, kumpulkan data tentang: (1) Menerapkan
operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar (2) Menerapkan operasi
pengalian bentuk aljabar (3) Menerapkan operasi pembagian bentuk aljabar (4)
Menyederhanakan bentuk aljabar
4. buatlah
laporan secara tertulis tentang kegiatan yang dilakukan sejak perencanaan,
pelaksanaan, dan hasil yang diperoleh
5. laporan
mencakup komponen: (a) tujuan kegiatan (b) persiapan (c) pelaksanaan, (d) hasil
yang diperoleh, (e) kesan dan pesan terhadap tugas
6. laporan
memuat hal-hal berikut ini: (a) Penyajian data yang diperoleh, (b) laporan dipresentasikan
atau dipamerkan
7. laporan
dikumpulkan paling lambat empat minggu setelah diberikan tugas proyek ini
Lampiran 7B
RUBRIK PENILAIAN PROYEK
Skor
|
Kriteria
|
4
|
·
Menunjukkan keakuratan yang tinggi dalam
pengamatan kejadian/benda
·
Kejelasan atau keterangan jawaban sangat
lengkap
·
Kerjasama kelompok sangat baik
·
Penggunaan strategi benar dan tepat
·
Kerapihan penyajian sangat baik
|
3
|
·
Menunjukkan keakuratan yang tinggi dalam
pengamatan kejadian/benda
·
Kejelasan atau keterangan jawaban cukup
lengkap
·
Kerjasama kelompok cukup baik
·
Penggunaan strategi benar dan tepat
·
Kerapihan penyajian cukup baik
|
2
|
·
Menunjukkan keakuratan yang sedang dalam
pengamatan kejadian/benda
·
Kejelasan atau keterangan jawaban kurang
lengkap
·
Kerjasama kelompok kurang baik
·
Penggunaan strategi kurang tepat
·
Kerapihan penyajian kurang baik
|
1
|
·
Menunjukkan keakuratan yang kurang dalam
pengamatan kejadian/benda
·
Kejelasan atau keterangan jawaban kurang
lengkap
·
Kerjasama kelompok kurang baik
·
Penggunaan strategi tidak benar dan
kurang tepat
·
Kerapihan penyajian kurang baik
|
0
|
Tidak
melakukan tugas proyek
|
TABEL PENILAIAN PROYEK MATEMATIKA
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
|||||||
1
|
Keakuratan
pengukuran
|
||||||||
2
|
Kejelasan
atau keterangan jawaban lengkap
|
||||||||
3
|
Kerjasama
dengan sesame anggota kelompok
|
||||||||
4
|
Penggunaan
strategi benar dan tepat
|
||||||||
5
|
Kerapihan
|
||||||||
JUMLAH
SKOR
|
Perhitungan nilai akhir kompetensi ketrampilan, sebagai
berikut:
Nilai Akhir =
x 4
Demikian
postingan tentang rpp operasi aljabar kelas 8 kurikulum 2013 terbaru. Semoga
bermanfaat dan jangan lupa berkomentar kemudian bookmark situs ini untuk
mendapatkan rpp matematika kurikulum 2013 terbaru lainnya.
Artikel terkait :