Thursday, October 2, 2014

Rpp matematika kelas 8 kurikulum 2014 terbaru

Rpp kelas 8 kurikulum 2014 terbaru adalah judul dari postingan kali ini. Sebelum kita berbagi RPP kelas 8 kurikulum 2014 ini, alangkah baiknya sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua. berjumpa lagi dengan sharematika, blog yang membahas semua tentang matematika. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi contoh rpp matematika kelas 8 atau contoh rpp matematika kelas 8 materi operasi aljabar.
Berikut dibawah ini adalah contoh rpp matematika kelas 8 materi aljabar.

RPP operasi aljabar kurikulum 2013
Klik disini, Untuk download rpp operasi aljabar kurikulum 2013 terbaru dalam bentuk  msword 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :
Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/semester                     : VIII/Satu
Materi Pokok                       : Operasi Aljabar
Alokasi Waktu                     : 4 pertemuan (10 JP)

A.      Kompetensi Inti
1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1  Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.2  Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika

  1.  
2.2   Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.2.1  Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2  Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar.
2.2.3  Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar
2.2.4  Berani presentasi di depan kelas.



  1.  
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang
melibatkan bilangan rasional

3.1.1 Mengenal bentuk aljabar
3.1.2 Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.1.3 Menerapkan operasi pengalian bentuk aljabar
3.1.4 Menerapkan operasi pembagian bentuk aljabar
3.1.5   Menyederhanakan bentuk aljabar







C.      Tujuan Pembelajaran  

KI  1 dan KI 2
Peserta didik:
1.1.1.1  Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika.
1.1.1.2  Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika
2.2.1.1 Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.2.2.1 Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan aljabar.
2.2.3.1 Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar
2.2.4.1 Berani presentasi di depan kelas.

KI 3 dan KI 4
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik:
3.1.1 Mengenal bentuk aljabar
3.1.2 Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
3.1.3 Menerapkan operasi pengalian bentuk aljabar
3.1.4 Menerapkan operasi pembagian bentuk aljabar
3.1.5 Menyederhanakan bentuk aljabar


D.      Materi Pembelajaran 

1.  Operasi Aljabar

E.       Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Saintifik


F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

             1.     Media
Gambar Kardus dan bola
             2.     Alat dan bahan
Laptop, power point,spidol
             3.     Sumber Belajar
Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2014. Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Guruan dan Kebudayaan. (hal 39- 79)


G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.    Pertemuan Pertama
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2)   Melalui tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali macam-macam bilangan (apersepsi).
3)   Siswa mengamati tayangan yang ada sebagai contoh







4)   Guru bertanya : bagaimana bentuk aljabar permasalahan di atas ?








5)   Peserta didik diberi permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang terkait operasi aljabar seperti berikut :  bagaimana bentuk aljabar ketika beras tersebut berada di dalam karung?
6)   Bagaimana caranya menuliskan bentuk aljabar?
7)   Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari hari ini.
8)   Guru menyampaikan cakupan materi.

b.   Kegiatan Inti (100 menit)
1)      Mengamati
a)   Peserta didik mengamati permasalahan yang ada dalam kegiatan 1 pada LKS 1 (terlampir).

2)      Menanya
a)   Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan operasi aljabar yang ada dalam gambar. Misalnya “Seandainya Pak Agus membeli lagi 4 kardus buku. Bagaimana bentuk aljabarnya ?”

3)      Mencoba/Mengumpulkan data atau informasi
a)   Peserta didik secara berpasangan  mencoba untuk menyelesaikan  permasalahan terkait operasi aljabar yang ada pada kegiatan 1 LKS 1

4)      Mengasosiasi/Menganalisa data atau informasi
a)   Peserta didik menyimpulkan cara menuliskan bentuk aljabar yang ada dalam kegiatan 1 LKS 1 (lampiran 1)
b)   Peserta didik menuliskan bentuk aljabar pada LKS 1
c)    Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan   latihan soal

5)      Mengomunikasi
a)   Salah satu peserta didik  mempresentasikan hasil diskusi/pekerjaannya.
b)   Peserta didik yang lain memberikan tanggapan hasil presentasi yang disajikan meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)    Guru memberi umpan balik atau konfirmasi

6)      Mengamati
a)   Peserta didik secara berpasangan melanjutkan mengamati permasalahan lain yang ada pada kegiatan 2 pada LKS 1 ( lampiran 1)


7)      Menanya
a)   Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait operasi aljabar. Misalnya “Bagaimana proses menjumlahkan dan mengurangkan bentuk aljabar?”
8)      Mencoba/Mengumpulkan Data atau informasi   
a)      Peserta didik secara berpasangan  mencoba menyelesaikan  permasalahan terkait operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang ada pada kegiatan 2  LKS 1

9)      Mengasosiasi / Menganalisa data atau informasi
a)   Peserta didik menemukan cara menjumlahkan dan mengurangi bentuk aljabar yang ada dalam kegiatan 2 LKS 1.(lampiran 1)
b)   Peserta didik menyelesaiakan permasalahan yang disajikan  pada kegiatan pendahuluan tersebut di atas
c)    Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan   latihan soal

10)  Komunikasi
a)   Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
b)   Peserta didik lain memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)    Guru memberikan umpan balik atau konfirmasi



c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai cara menuliskan bentuk aljabar dan cara menjumlahkan dan mengurangi bentuk aljabar
2)      Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan  berkaitan dengan aktivitas kelompok.
3)      Guru menanyakan “ Apakah yang kalian pelajari hari ini?” kemudian bertanya “ Bagaimana kalian mendapatkan pemahaman tentang pelajaran hari ini?”
4)      Guru menyampaikan bahwa pada pertemuan berikutnya akan dibahas tentang pengalian bentuk aljabar







2.    Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2)   Melalui tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali bentuk aljabar, variabel, konstanta dan koefisien (apersepsi)







          








3)   Peserta didik  mengamati tayangan permasalahan yang berkaitan dengan pengalian  bentuk aljabar











4)   Guru bertanya : Dapatkah kalian menentukan berapa luas kebun apel Pak Idris pada permasalahan tersebut?
5)   Peserta didik diberi permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang terkait operasi pengalian bentuk aljabar. Misalnya: Bagaimana mengalikan bentuk aljabar?
6)     Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari hari ini.
7)    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.




b.   Kegiatan Inti (60 menit)
1)   Mengamati
a)   Peserta didik diminta  mengamati permasalahan yang ada dalam kegiatan 1 LKS 2 (lampiran 2).

2)      Menanya
a)      Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait operasi pengalian bentuk aljabar yang ada dalam permasalahan. Misalnya “Berapakah hasil kali bentuk aljabar?”

3)      Mencoba/Mengumpulkan data atau informasi
a)   Peserta didik berkelompok untuk mencermati permasalahan yang ada pada kegiatan 1 LKS 2 (terlampir) .
b)   Peserta didik diminta berkerja  berkelompok untuk mencermati permasalahan  yang ada pada kegiatan 2 LKS 2 (terlampir).
4)      Mengasosiasi/Menganalisa data atau informasi
a)   Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan permasalahan yang diajukan pada kegiatan pendahuluan tersebut di atas.
5)      Mengomunikasikan
a)   Salah satu anggota kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kegiatan sebelumnya.
b)   Peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)    Guru member umpan balik atau konfirmasi

c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1)   Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai operasi pengalian bentuk aljabar
2)   Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan  berkaitan dengan aktivitas kelompok.
3)   Guru menanyakan “ Apakah yang kalian pelajari hari ini?” kemudian bertanya “ Bagaimana kalian mendapatkan pemahaman tentang pelajaran hari ini?”
4)   Untuk memberi penguatan, peserta didik diberikan PR tentang operasi aljabar
5)   Guru menyampaikan materi pertemuan yang akan datang yaitu operasi pembagian bentuk aljabar


3.    Pertemuan Ketiga
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2)      Melalui tanya jawab peserta didik diingatkan kembali tentang perkalian bentuk aljabar (apersepsi)
3)      Guru mengajukan masalah yang berkaitan dengan operasi pembagian bentuk aljabar












4)      Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari hari ini
5)      Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.   Kegiatan Inti (100 menit)
1)      Mengamati
a)   Peserta didik mengamati gambar yang ada dalam kegiatan 1 LKS 3 ( lampiran 3).

2)      Menanya
a)      Peserta didik bertanya mengenai bagaimana hasil bagi bentuk aljabar tersebut ?
3)      Mencoba/Mengumpulkan data atau informasi
a)      Peserta didik berkelompok untuk mencermati permasalahan yang diberikan pada LKS 3 (lampiran 3)

4)      Mengasosiasi/Menganalisa data atau informasi
a)      Peserta didik menyelesaikan permasalahan pada kegiatan 1
b)     Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan permasalahan yang diajukan pada kegiatan pendahuluan tersebut di atas.



5)      Mengomunikasi
a)      Salah satu anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi/pekerjaannya pada permasalahan yang ada dalam kegiatan 1 LKS 3.
b)     Peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

c.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai operasi pembagian bentuk aljabar
2)     Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan  berkaitan dengan aktivitas kelompok.
3)     Guru menanyakan “ Apakah yang kalian pelajari hari ini?” kemudian bertanya “ Bagaimana kalian mendapatkan pemahaman tentang pelajaran hari ini?”
4)      Untuk memberi penguatan, peserta didik diberikan PR tentang operasi aljabar
5)      Guru menyampaikan materi pertemuan yang akan datang yaitu penyederhanaan  bentuk aljabar


4.    Pertemuan Keempat
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
2)   Melalui tanya jawab, peserta didik diingatkan kembali tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.







3)   Peserta didik  mengamati permasalahan yang memuat penyederhanakan bentuk aljabar









4)   Guru bertanya : dapatkah kalian menyederhanakan bentuk aljabar berikut ?
5)   Peserta didik diberi permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang terkait menyederhanakan bentuk aljabar. Misalnya:







Bagaimanakah cara menyederhanakan bentuk aljabar yang lebih rumit ?
6)     Guru menegaskan tujuan yang akan dipelajari hari ini.
7)   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.



a.    Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Mengamati
a) Peserta didik diminta  mengamati permasalahan yang ada dalam kegiatan 1 LKS 4 (lampiran 2).

2)      Menanya
a)      Peserta didik merumuskan pertanyaan terkait penyederhanaan bentuk aljabar Misalnya sederhanakan bentuk aljabar berikut .

3)      Mencoba/Mengumpulkan data atau informasi
a)      Peserta didik berkelompok untuk mencoba menyelesaikan permasalahan yang ada pada kegiatan 1 LKS 4 (terlampir) .
b)     Peserta didik diminta berkerja  berkelompok untuk mencoba menyelesaikan permasalahan  yang ada pada kegiatan 2 LKS 4 (terlampir).
4)      Mengasosiasi/Menganalisa data atau informasi
a)      Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan permasalahan yang diajukan pada kegiatan pendahuluan tersebut di atas.
5)      Mengomunikasikan
a)      Salah satu anggota kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kegiatan sebelumnya.
b)     Peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
c)      Guru memberi umpan balik atau konfirmasi
a.    Kegiatan Penutup (10 menit)
1)      Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai penyederhanaan bentuk aljabar.
2)      Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan  berkaitan dengan aktivitas kelompok.
3)   Guru menanyakan “ Apakah yang kalian pelajari hari ini?” kemudian bertanya “ Bagaimana kalian mendapatkan pemahaman tentang pelajaran hari ini?”
4)   Untuk memberi penguatan, peserta didik diberikan PR tentang bidang kartesius
5)   Guru menyampaikan rencana ulangan harian untuk operasi aljabar

























H.          Penilaian
1.        Sikap spiritual
a.        Teknik Penilaian: Observasi dan penilaian diri
b.        Bentuk Instrumen: Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.         Kisi-kisi:

No.
 Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen

  1.  
Bersyukur atas anugrah Tuhan
Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
1
Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika
1


JUMLAH
2
d.        Instrumen: Lembar Observasi ( lampiran 4A) dan Lembar Penilaian Diri ( Lampiran 4C)
e.         Petunjuk Penghitungan Skor (lampiran 4B)

2.        Sikap sosial

a.        Teknik Penilaian: Observasi dan penilaian diri
b.        Bentuk Instrumen: Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
c.         Kisi-kisi:


No.
 Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1.
Memiliki rasa ingin tahu
Suka bertanya selama proses pembelajaran.
1
Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar.
1
Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar.
1
Berani presentasi di depan kelas
1


JUMLAH
4
d.        Instrumen: Lembar Observasi ( lampiran 5A) dan Lembar Penilaian Diri ( Lampiran 5C)
e.         Petunjuk Penghitungan Skor (lampiran 5B)



3.        Pengetahuan

                                   a.            Teknik Penilaian: Tes
                                  b.            Bentuk Instrumen: Uraian
                                   c.            Kisi-kisi:

No.
Indikator
Jumlah Butir Soal
Nomor Butir
Instrumen
1.
Mengenal bentuk aljabar
1
1
2.
Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
1
1,2,5
3.
Menerapkan operasi pengalian bentuk aljabar
1
3,5
4.
Menerapkan operasi pembagian bentuk aljabar
1
4
5.
Menyederhanakan bentuk aljabar
1
6

JUMLAH
5
5
                                  d.             Instrumen: lihat Lampiran 6A
                                   e.            Petunjuk (rubric) penskoran dan penentuan nilai: lihat lampiran 6B


4.        Keterampilan

a.        Teknik Penilaian         : Proyek
b.        Bentuk Instrumen       : Lembar Penilaian Proyek
c.         Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menerapkan operasi aljabar
1
2.
Menggunakan strategi yang sesuai dan beragam
2

JUMLAH
2
d.        Instrumen: lihat Lampiran 7A
e.         Petunjuk (rubric) penskoran dan penentuan nilai: lihat lampiran 6B
                                                                        Purwokerto.     Agustus 2014
            Mengetahui    
Kepala sekolah                                                            Guru Mapel
                       



                            
Agus Dwiyanto, S.Pd                                                 Mohammad Irfan faris
NIP. 19650817 200012 1 002                                     NIP. 196879 110106 0 078

Lampiran 1


Lembar Kerja Siswa (LKS) 1
Pokok Bahasan             : Operasi Aljabar
Hari/Tanggal                 : ............................/.......................................
Alokasi Waktu             : 35 menit
Kelas                               : VIII .....
No Kelompok/Nama   : ........./....................................

Kegiatan I:
Amati Permasalahan dan Gambar Berikut.

1.       













Tentukan posisi titik tersebut.
Jawab :







Tentukan jarak setiap titik terhadap sumbu-x
Jawab :





2.             



























3.            Bentuk aljabar  5p + 8. Tentukan mana yang termasuk koefisien, variabel, dan konstanta ?
4.             















Kegiatan 2

Amati Permasalahan Berikut.

1.             












2.             













3.             













Lampiran 2

Lembar Kerja Siswa (LKS) 2
Pokok Bahasan                    : Operasi Aljabar
Hari/Tanggal                        : .....
Alokasi Waktu                     : 35 menit
Kelas                                      : VIII .....
No Kelompok/Nama          : ........./....................................


Kegiatan 1
Amati Gambar Berikut.

                                                              i.       



















Kegiatan 2

Amati Gambar Berikut.
1.             







2.             


















Lampiran 3

Lembar Kerja Siswa (LKS) 3
Pokok Bahasan             : Operasi Aljabar
Hari/Tanggal                 : .....
Alokasi Waktu             : 35 menit
Kelas                               : VIII .....
No Kelompok/Nama   : ........./....................................



Kegiatan 1

1.              











2.                               


3.                               














Kegiatan 2


1
2

3
 










































Lampiran 4

Lembar Kerja Siswa (LKS) 4
Pokok Bahasan             : Sistem Koordinat
Hari/Tanggal                 : .....
Alokasi Waktu             : 35 menit
Kelas                               : VIII .....
No Kelompok/Nama   : ........./....................................




Kegiatan 1      

1.                    



2.                   



3.






















Kegiatan 2

Sederhanakan bentuk aljabar berikut.

1.       


2.       



3.       






























Lampiran 4A


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

Kelas                           : ….
Semester                      : ….
Tahun Pelajaran           : ….
Periode Pengamatan   : Tanggal … s/d ….
Butir Nilai                   : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Indikator                     :
1.    Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
2.    Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator sikap spiritual (1-4)
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak tuntas
Indikator 1
Indikator 2
1






2






3












35






Keterangan:
Skor 4 = apabila selalu melakukan perilaku yang diamati                             
Skor 3 = apabila sering melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 = apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 = apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati


    Guru Mapel



                                                                                                            Mohammad Irfan Faris
                                                                                                                       





Lampiran 4B
PETUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP
1.      Rumus Penghitungan Skor Akhir
Skor Akhir =  x 4
2.      Skor maksimal = Banyaknya Indikator x 4
3.      Kategori nilai sikap peserta didik:
Sangat Baik (SB)       : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B)                      : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C )                : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K)                : apabila memperoleh Skor Akhir:   Skor Akhir ≤ 1,33



















LAMPIRAN 4C
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)

Nama                                     : ….
Kelas/No. urut                    : ….
Semester                                : ….
Tahun Pelajaran                   : ….
Hari/Tanggal Pengisian     : ….
Butir Nilai                             : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Indikator Sikap                     :
1.    Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika
2.    Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika

No.
Pernyataan
Skor
Perolehan skor
Skor Akhir
Nilai
Tuntas/Tidak tuntas
1
2
3
4
1
Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika









2
Serius dalam mengikuti pembelajaran matematika






Jumlah





Keterangan:
Skor 4 = apabila selalu melakukan perilaku yang diamati                             
Skor 3 = apabila sering melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 = apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 = apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
Peserta didik,




………………………….






Lampiran 5A

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

Kelas                           : ….
Semester                      : ….
Tahun Pelajaran           : ….
Periode Pengamatan   : Tanggal … s/d ….
Butir Nilai                   : Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta
  memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
Indikator                     :
1.      Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.      Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar
3.      Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar
4.      Berani presentasi di depan kelas.

No.
Nama Peserta Didik
Skor Indikator sikap spiritual (1-4)
Jumlah Perolehan Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak tuntas
Indk 1
Indk 2
Indk 3
Indk 4
1








2








3
















35








Keterangan:
Skor 4 = apabila selalu melakukan perilaku yang diamati                             
Skor 3 = apabila sering melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 = apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 = apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
                                                                                                                       

Guru Mapel



                                                                                                            Mohammad Irfan Faris
                                                                                                                       



LAMPIRAN 4C
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)

Nama                                     : ….
Kelas/No. urut                    : ….
Semester                                : ….
Tahun Pelajaran                   : ….
Hari/Tanggal Pengisian     : ….
Butir Nilai                             : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Indikator Sikap                     :
1.      Suka bertanya selama proses pembelajaran.
2.      Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar.
3.      Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar.
4.      Berani presentasi di depan kelas.

No.
Pernyataan
Skor
Perolehan skor
Skor Akhir
Nilai
Tuntas/Tidak tuntas
1
2
3
4
1
Suka bertanya selama proses pembelajaran.










2
Suka mengamati sesuatu yang berhubungan dengan operasi aljabar




3
Tidak menggantungkan diri pada orang lain dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan operasi aljabar




4
Berani presentasi di depan kelas.





Jumlah














Keterangan:
Skor 4 = apabila selalu melakukan perilaku yang diamati                             
Skor 3 = apabila sering melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 = apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 = apabila tidak pernah melakukan perilaku yang diamati




Peserta didik,




                                                                                                                        ………………………….





























Lampiran 6A
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

Petunjuk:
1.        Berdoalah sebelum mengerjakan soal
2.        Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan
3.        Selesaikan soal berikut dengan singkat dan jelas

Soal:

1.      Tentukan hasil penjumlahan bentuk aljabar




2.      Tentukan hasil pengurangan





3.      Tentukan hasil perkalian dari

                                                            


4.      Tentukan hasil bagi



5.       













6.       











































LAPORAN 6B

PETUNJUK (RUBRIK) PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI
Soal
Jawaban
Skor
1.      Tentukan hasil penjumlahan bentuk aljabar











5
2.      Tentukan hasil pengurangan













        





5

3.      Tentukan hasil perkalian dari

                                                            


5
4.      Tentukan hasil bagi










7


5.       












8
6.                   












10
Total Skor Max
40



Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 , sebagai berikut :
Nilai Akhir =     Perolehan Skor   X  (100)
                                                  Total Skor Max
 







































Lampiran 7A
INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN


Petunjuk:
1.      kerjakan tugas ini berkelompok. Anggota tiap kelompok paling bayak 3 orang
2.      lakukan pengamatan terhadap benda/kejadian/sesuatu disekitarmu yang memuat operasi aljabar
3.      siapkan lembaran atau format untuk mencatat hasil pengamatanmu. Terhadap setiap benda/kejadian/sesuatu yang kalian amati, kumpulkan data tentang: (1) Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar (2) Menerapkan operasi pengalian bentuk aljabar (3) Menerapkan operasi pembagian bentuk aljabar (4) Menyederhanakan bentuk aljabar
4.      buatlah laporan secara tertulis tentang kegiatan yang dilakukan sejak perencanaan, pelaksanaan, dan hasil yang diperoleh
5.      laporan mencakup komponen: (a) tujuan kegiatan (b) persiapan (c) pelaksanaan, (d) hasil yang diperoleh, (e) kesan dan pesan terhadap tugas
6.      laporan memuat hal-hal berikut ini: (a) Penyajian data yang diperoleh, (b) laporan dipresentasikan atau dipamerkan
7.      laporan dikumpulkan paling lambat empat minggu setelah diberikan tugas proyek ini


Lampiran 7B
RUBRIK PENILAIAN PROYEK

Skor
Kriteria
4
·   Menunjukkan keakuratan yang tinggi dalam pengamatan kejadian/benda
·   Kejelasan atau keterangan jawaban sangat lengkap
·   Kerjasama kelompok sangat baik
·   Penggunaan strategi benar dan tepat
·   Kerapihan penyajian sangat baik

3
·   Menunjukkan keakuratan yang tinggi dalam pengamatan kejadian/benda
·   Kejelasan atau keterangan jawaban cukup lengkap
·   Kerjasama kelompok cukup baik
·   Penggunaan strategi benar dan tepat
·   Kerapihan penyajian cukup baik

2
·   Menunjukkan keakuratan yang sedang dalam pengamatan kejadian/benda
·   Kejelasan atau keterangan jawaban kurang lengkap
·   Kerjasama kelompok kurang baik
·   Penggunaan strategi kurang tepat
·   Kerapihan penyajian kurang baik

1
·   Menunjukkan keakuratan yang kurang dalam pengamatan kejadian/benda
·   Kejelasan atau keterangan jawaban kurang lengkap
·   Kerjasama kelompok kurang baik
·   Penggunaan strategi tidak benar dan kurang tepat
·   Kerapihan penyajian kurang baik

0
Tidak melakukan tugas proyek


TABEL PENILAIAN PROYEK MATEMATIKA
No.
Kriteria
Kelompok
1
Keakuratan pengukuran








2
Kejelasan atau keterangan jawaban lengkap








3
Kerjasama dengan  sesame anggota kelompok








4
Penggunaan strategi benar dan tepat








5
Kerapihan









JUMLAH SKOR









Perhitungan nilai akhir kompetensi ketrampilan, sebagai berikut:
Nilai Akhir =  x 4



Demikian postingan tentang rpp operasi aljabar kelas 8 kurikulum 2013 terbaru. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar kemudian bookmark situs ini untuk mendapatkan rpp matematika kurikulum 2013 terbaru lainnya.

Artikel terkait :