Monday, September 3, 2012

KEKONTINYUAN FUNGSI PADA SUATU INTERVAL

Pada Tutorial Maple kali ini, author akan membahas mengenai kekontinyuan fungsi pada suatu interval.Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat dua macam interval yaitu interval terbuka dan interval tertutup dalam suatu fungsi.
Suatu fungsi kontinyu pada suatu interval terbuka dan interval tertutup dapat kita ketahui kekontinyuannya dengan mudah dengan menggunakan maple.
Cara untuk mengetahui suatu fungsi kontinyu atau tidak pada suatu interval terbuka dan tertutup dengan menggunakan maple yaitu dengan langkah – langkah  sebagai berikut :

  1. Definisikan fungsi terlebih dahulu, misalnya fungsitersebut didefinisikan dengan f .
  2. Untuk mengetahui apakah fungsi f  tersebut  kontinyu pada interval tertutup selidiki dengan cara tuliskan  iscont(f,x=a…b,’closed’) dimana [a,b] adalah interval dari fungsi yang ingin kita ketahui kekontinyuannya .
  3. Untuk mengetahui apakah fungsi f  tersebut  kontinyu pada interval terbuka selidiki dengan cara tuliskan  iscont(f,x=a…b,’open’) dimana [a,b] adalah interval dari fungsi yang ingin kita ketahui kekontinyuannya .
Contoh :
Selidiki apakah         kontinyu pada [-2,3] !
Penyelesaian :
Photobucket

Dari hasil di atas dapat kita lihat bahwa fungsi tersebut kontinyu pada interval terbuka dari -2 sampai 3 .
Demikianlah Tutorial Maple pada kesempatan kali ini . Tutorial Maple selanjutnya akan membahas mengenai titik dimana suatu fungsi tidak kontinyu.
Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat :D