Himpunan ( dalam matematika )



Himpunan.
Assalamualaikum wr. wb teman semua, kali ini sharematika memposting materi matematika di SMP yaitu materi tentang himpunan. Pada pertemuan kita kali ini kita membahas himpunan tentang pengertian himpunan dan operasi antar himpunan. Semoga Postingan yang sharematika ketik bermanfaa untuk teman semua, jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan dibagian komentar. Selamat belajar tentang himpunan dibawah ini.
Pengertian Himpunan
     Himpunan adalah kumpulan benda-benda atau objek-objek yang difenisikan ( diberi batasan ) dengan jelas, dinyatakan dengan tanda kurung kurawal “{}” dan diberi nama menggunakan huruf kapital.
Contoh :   A adalah himpunan bilangan ganjil kurang dari 10.
                 Di tulis :  A = {1,3,5,7,9}

 
Operasi Antar Himpunan.
1.         Irisan ( intereksi ).

Irisan himpunan A dan B adalah suatu himpunan yang anggota - anggotanya merupakan anggota himpunan A dan sekaligus merupakan anggota himpunan B, yang dilambangkan dengan “A∩B”. Jika ditulis dengan notasi pembentuk himpunan irisan A dan B didefinisikan sebagai  :
A∩B = {x|x A dan x B}
Contoh 1:      A = {1,3,5,7,9}
                      B = {1,2,3,4,5}
                      Maka A∩B = {1,3,5}.

Untuk menentukan irisan dua himpunan, ada beberapa kemungkinan yaitu :   



 Terimakasih teman sharematika semua telah menyempatkan membaca artikel saya, semoga materi tentang himpunan diatas bermanfaat buat teman semua, jika ada pertanyaan mengenai materi materi Matematika SMP yang lain bisa teman sharematika tanyakan dibagian komentar, terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Jika ada yang ditanyakan mengenai materi matematika SD,SMP maupun SMA bisa ditanyakan disini dengan cara mengetikan pertanyaan anda dibawah ini, dan Silahkan berkomentar apapun dengan kalimat yang sopan dan bahasa yang baku. :)