Tuesday, May 7, 2013

Uji normalitas ( Pengertian dan Pembahasan )

Pengertian uji normalitas adalah judul dari postingan kali ini. Sebelum kita membahas materi uji normalitas, sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika blog yang membahas semua materi matematika sd, materi matematika smp, materi matematika sma, dan materi matematika universitas. Mari kita bahas Uji Normalitas.
Uji Normalitas.
Uji distribusi normal atau uji normalitas adalah uji untuk mengukur apakah data kita memiliki distribusi normal sehingga dapat dipakai dalam statistik parametrik (statistik inferensial). Cara yang biasa dipakai untuk menghitung masalah ini adalah Chi Square. Tapi karena tes ini memiliki kelemahan, maka yang kita pakai adalah Kolmogorov-Smirnov. Kedua tes dinamakan masuk dalam kategori Goodness Of Fit Tes.
Chi-square.
Filosofi mengapa Chi-Square kok bisa dikatakan Goodness Of Fit Tes, adalah begini:
Aku punya uang seratus rupiah. Tak lempar seratus kali, sisi A keluar sebanyak 35 kali, sisi B keluar sebanyak 65 kali. Apakah koinku dapat dikatakan seimbang..maksud’e koinku gak penceng?.

Kolmogorov-Smirnov.
Chi Square membandingkan distribusi teoritik dan distribusi empirik (observasi) berdasarkan kategori-kategori, kalau KS berdasakan frekuensi kumulatif. Jadi yang dibandingkan adalah frekuensi kumulatif distribusi teoritik dengan frekuensi kumulatif distribusi empirik.

Untuk materi lanjutannya silahkan download filenya disini.
Sumber dari sahabat matematika yang jauh disana, terimakasih atas ilmunya. :)
Semoga materi di atas bermanfaat untuk sahabat sharematika. disini sharematika hanya ingin membagikan ilmu saja tidak ada niatan lainnya. terimakasih atas kunjungannya, kunjungi terus sharematika,blog yang membahas semua materi matematika sd, materi matematika smp, materi matematika sma, dan materi matematika universitas.