Monday, May 27, 2013

Materi limit fungsi ( Matematika SMA )

Materi lengkap limit fungsi adalah judul pada postingan kali ini, sebelum kita membahas mengenai materi limit fungsi lengkap ini, sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika, blog yang membahas materi matematika sd lengkap dengan soal dan pembahasan, materi matematika smp lengkap dengan soal dan pembahasan, materi matematika sma lengkap dengan soal dan pembahasan, dan materi matematika universitas lengkap dengan pembahasan.
Limit fungsi.
Limit fungsi adalah salah satu materi yang cukup fundamental untuk mempelajari materi yang lebih tinggi, yaitu tentang kalkulus ( diferensial dan integral).
Sifat-sifat limit fungsi 
Limit fungsi mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :


Limit fungsi f(x) untuk x => a, a tidak 0.
Perhitungan limit fungsi f(x) untuk x =>a , a tidak nol, dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu substitusi langsung, pemfaktoran, dan rasionalisasi bentuk akar. Jika dengan cara substitusi langsung dihasilkan dalam bentuk tentu, maka itu hasilnya, tetapi jika dengan cara substitusi dihasilkan bentuk tak tentu yaitu 0/0, maka perhitungan limit dilakukan dengan cara pemfaktoran atau rasionalisasi bentuk akar.



Soal dan pembahasan limit fungsi no 1 dan no 2 adalah soal yang menggunakan substitusi langsung, dan bisa di ketahui nilainya dan untuk soal no 3 di bawah ini tidak bisa diselesaikan dengan substitusi langsung, berikut contoh soal limit fungsi yang tidak bisa diselesaikan dengan substitusi langsung.

Pembahasan soal limit fungsi lengkap.
lakukan substitusi, hasilnya sebagai berikut :

Setelah dilakukan substitusi hasilnya adalah limit dengan hasil bentuk tak tentu (0/0), maka soal diatas tidak dapat diselesaikan dengan cara substitusi. Karena limit fungsi tidak dapat diselesaikan dengan substitusi langsung, makaa langkah selanjutnya adalah dengan cara memfaktorkan pembilang dan penyebut, sebagai berikut :

Setelah dilakukan/ diselesaikan dengan cara memfaktorkan pembilang dan penyebut, diperoleh hasil 2, maka jawaban yang benar dari soal limit fungsi diatas adalah 2.  Untuk latihan kalian, kalian bisa mengerjakan soal-soal limit fungsi yang lebih beragam, dan bisa kalian downlaod soal-soal dan pembahasan limit fungsi dibawah ini :
Download soal dan pembahasan limit fungsi.

Mungkin itu sekilas materi matematika tentang limit fungsi lengkap dengan soal dan pembahasan. Kunjungi terus sharematika,blog yang membahas materi matematika sd lengkap dengan soal dan pembahasan, materi matematika smp lengkap dengan soal dan pembahasan, materi matematika sma lengkap dengan soal dan pembahasan, dan materi matematika universitas lengkap dengan pembahasan.
Jangan lupa like yah???, terimakasih.