Tuesday, May 28, 2013

Materi persamaan lingkaran (Matematika SMA)

Materi persamaan lingkaran adalah judul dari postingan kali ini, sebelum kita mempelajari persamaan lingkaran, sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika, blog yang membahas semua materi matematika sd lengkap dengan soal dan pembahasan, materi matematika smp lengkap dengan soal dan pembahasan, materi matematika sma lengkap dengan soal dan pembahasan, dan materi matematika universitas lengkap dengan soal dan pembahasan. Pada kesempatan kali ini sharematika akan membahas persamaan lingkaran lengkap dengan soal dan pembahasan untuk latihan sahabat sharematika semua.

Persamaan Lingkaran.
Pengertian lingkaran.
 Lingkaran  adalah tempat kedudukan atau himpunan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik yang tertentu. Titik tertentu tersebut dinamakan pusat lingkaran dan jarak yang tetap tersebut dinamakan jari-jari lingkaran.

Persamaan lingkaran berpusat di O(0,0).
 Jika titik A(x,y) terletak pada lingkaran yang berpusat di o, maka berlaku OA = jari-jari lingkaran. Dengan menggunakan rumus jarak titik O(0,0) ke titik A(x,y) diperoleh :

 Persmaan lingkaran berpusat di titik A(a,b).
Jika titik A(a,b) adalah pusat lingkaran dan titik B(x,y) terletak pada lingkaran, maka jari-jari lingkaran r sama dengan jarak dari A ke B.
Untuk Lebih memahami persamaan lingkaran, silahkan sahabat sharematika bisa download soal dan pembahasan lingkaran untuk latihan mengerjakan soal persamaan lingkaran yang lebih bergam. download soal dan pembahasan persamaan lingkaran di bawah ini :

Semoga materi persamaan lingkaran lengkap dengan soal dan pembahasan diatas bermanfaat untuk sahabat sharematika semua, kunjungi terus sharematika, blog yang membahas semua materi matematika sd lengkap dengan soal dan pembahasan, materi matematika smp lengkap dengan soal dan pembahasan, materi matematika sma lengkap dengan soal dan pembahasan, dan materi matematika universitas lengkap dengan soal dan pembahasan.
Jangan lupa like ya?!?