Saturday, May 25, 2013

Materi Komposisi fungsi (lengkap soal dan pembahasan)


Materi fungsi komposisi adalah judul dari postingan kali ini, dalam Postingan kali ini sharematika akan membahas tentang Relasi dan fungsi. Sebelum kita melanjutkan materi komposisi fungsi, sharematika mengucapkan salam sapa untuk sahabat sharematika semua, berjumpa lagi dengan sharematika, blog yang membahas semua materi matematika sd ( materi matematika sd kelas 1, materi matematika sd kelas 2, materi matematika sd kelas 3, materi matematika sd kelas 4, materi matematika sd kelas 5, materi matematika sd kelas 6), materi matematika smp ( materi matematika smp kelas 7, materi matematika smp kelas 8, materi matematika smp kelas 9), dan materi matematika sma (materi matematika sma kelas 10 materi matematika sma kelas 11, dan materi matematika sma kelas 12).

Relasi dan fungsi.
Relasi.
Relasi adalah suatu aturan yang memasangkan anggota himpunan satu ke himpunan lain. Suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah pemasangan atau perkawanan atau korespondensi dari anggota-anggota himpunan A ke anggota-anggota himpunan B. Jika diketahui A ={ 0,1,2,5}; B= {1,2,3,4,6}, maka relasi " satu kurangnya dari" himpunan A ke himpunan B dapat disajikan dalam diagram panah, diagram cartesius, himpunan pasangan berurutan, dan sengan rumus.



























Fungsi.
Suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B disebut fungsi dari A ke B jika setiap anggota A dipasangkan dengan tepat satu anggota B.

Jika f adalah suatu fungsi dari A ke B, maka :
- Himpunan A disebut domain ( daerah asal),
- Himpunan B disebut kodomain ( daerah kawan ) dan himpunan anggota B yang pasangan ( himpuan C0 disebut range ( hasil ) fungsi f.
Aturan yang memasangkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B disebut aturan fungsi f.
Misalkan diketahui fungsi-fungsi : 
f: A=>B ditentukan dengan notasi f(x)
g: C=>D ditentukan dengan notasi g(x)

Untuk latihan belajar kalian, kalian bisa mengerjakan soal-soal komposisi fungsi dibawah ini:
Unduh/ downlaod soal fungsi komposisi dan pembahasan dibawah ini :


Semoga materi komposisi fungsi lengkap dengan soal dan pembahasan diatas bermanfaat untuk sahabat sharematika semua, kunjungi terus sharematika, blog yang membahas semua materi matematika sd ( materi matematika sd kelas 1, materi matematika sd kelas 2, materi matematika sd kelas 3, materi matematika sd kelas 4, materi matematika sd kelas 5, materi matematika sd kelas 6), materi matematika smp ( materi matematika smp kelas 7, materi matematika smp kelas 8, materi matematika smp kelas 9), dan materi matematika sma (materi matematika sma kelas 10 materi matematika sma kelas 11, dan materi matematika sma kelas 12).